Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$6,360.36
-0.1%
Ethereum (ETH)
$206.88
-1.18%
Bitcoin Gold (BTG)
$28.18
-1.55%
XRP (XRP)
$0.51
-1.08%
EOS (EOS)
$5.22
-2.72%
Pendiri Crypto Exchange OKEx Diduga Ditahan Polisi Shanghai

Berita

Pendiri Crypto Exchange OKEx Diduga Ditahan Polisi Shanghai

Menurut sebuah laporan dari China Sina News, Star Xu, pendiri bursa cryptocurrency, OKEx dan OKCoin, telah ditangkap oleh otoritas Shanghai atas dugaan melakukan penipuan terhadap investor. Menurut media tersebut, Xu saat ini sedang ditahan di kantor polisi Shanghai Weifang Xincun, dan akan dibebaskan dalam kurun waktu 24 jam jika tidak cukup bukti yang ditemukan tentang partisipasinya dalam dugaan penipuan tersebut.

Tuduhan penipuan terhadap Star Xu berasal dari proyek cryptocurrency yang disebut WFee Coin. Xu adalah pemegang saham dalam proyek, yang menggambarkan diri mereka sebagai “sistem berbagi WiFi ramah lingkungan pertama di dunia berdasarkan teknologi blockchain yang dirancang untuk dunia,” dengan tujuan untuk memecahkan “keamanan, kepercayaan, sharing willingness dan masalah privasi yang timbul dari WiFi sharing. “

Kontroversi mengenai koin WFee adalah karena beberapa keluhan investor kepada otoritas Shanghai mengenai penerbitan token dan tujuan dari upaya penggalangan dana, yang banyak diklaim oleh investor sebagai media penipuan dengan tujuan memperkaya tim pendiri, tidak mengembangkan produk.

Namun, setelah dilakukan penyelidikan mendalam oleh petugas terkait menunjukkan bahwa perusahaan Xu di Shanghai tidak memiliki hubungan dengan kasus WFEE Coin, menurut catatan cnLedger, perusahaan Xu di Shanghai tidak terlibat dalam proyek WFee, dan dugaan penipuan sebenarnya dilakukan oleh Xu di Beijing.

Menurut kabar setempat Xu telah dibebaskan oleh otoritas Shanghai, dan pihak berwenang Shanghai telah menyerahkan semua bukti kepada pihak berwenang Beijing untuk penyelidikan lebih lanjut. Belum jelas apakah pemerintah Beijing akan mengambil tindakan terhadap Xu terkait kasus penipuan ini.

Menurut Heslin Kim, seorang researcher/peneliti cryptocurrency dari Korea Selatan, tim OKEx telah menampik berita penangkapan Xu, dan menyatakan bahwa peristiwa itu tidak pernah terjadi.

– Just confirmed with the @OKEx_ team the arrest is fake news. @WhalePanda@cryptomanran @iamjosephyoung

— Korean Cryptocurrency & Blockchain News (@BlockchainROK) September 11, 2018

Berita mengenai penahanan Xu muncul tak lama setelah volume OKEx melonjak secara signifikan musim panas ini.

Setelah berita dugaan penangkapan Xu muncul hari ini, data CoinMarketCap menunjukkan bahwa OKEx mengalami penurunan hampir sebanyak 3 persen.

Peristiwa itu terjadi sebagai akibat langsung dari OKex yang tidak menerapkan prosedur yang cukup untuk mencegah terjadinya insiden semacam ini. Bursa tersebut sejak saat itu telah menerapkan praktik-praktik baru, termasuk dana asuransi yang lebih besar, untuk mencegah terjadinya peristiwa semacam ini, dan untuk lebih melindungi posisi investor dari kerugian karena tindakan manipulatif.

Kasus ini masih akan berlanjut, informasi tambahan akan tersedia setelah pihak berwenang dari Beijing bertindak dengan dokumen yang disediakan oleh otoritas Shanghai.

 

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer