Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$6,470.71
-0.76%
Ethereum (ETH)
$203.82
-0.97%
Bitcoin Gold (BTG)
$25.98
-0.36%
XRP (XRP)
$0.451054
-1.68%
EOS (EOS)
$5.39
-1.11%
Parlemen Ukraina Rencanakan Tarik Pajak Dari Semua Keuntunga...

Berita, Peraturan Dan Regulasi

Parlemen Ukraina Rencanakan Tarik Pajak Dari Semua Keuntungan Yang Dihasilkan Melalui Crypto

Parlemen Ukraina ingin mulai memajaki keuntungan terkait cryptocurrency dari seluruh warganya.

Anggota parlemen rencananya akan menerapkan pajak sebesar 5 persen di setiap keuntungan yang terkait dengan cryptocurrency baik individu/personal maupun entitas komersial/perusahaan. Keuntungan ini harus dilaporkan secara terpisah dari bentuk pendapatan lain juga, sesuai dengan tagihan.

Entitas komersial terkait juga akan mengalami kenaikan tingkat pengenaan pajak hingga 18 persen mulai 1 Januari 2024, jika tagihannya tidak di bayarkan.

RUU ini juga mendefinisikan konsep cryptocurrency dalam Kode Pajak negara sebagai “aset virtual dalam bentuk token, yang berfungsi sebagai alat tukar atau penyimpan nilai,” serta mendefinisikan aset virtual sebagai “bentuk dari catatan digital pada ledger distribusi yang dapat digunakan sebagai alat tukar, unit akun atau penyimpanan nilai.” RUU itu juga akan menjelaskan apa itu cryptomining.

Lampiran selain menjelaskan terkait catatan tagihan, Ukraina juga menjadi tuan rumah bagi para pemimpin awal industri pertambangan dan hampir 30 persen dari kekuatan penambangan global berada di Ukraina. Ukraina telah menjadi rumah bagi penambangan bitcoin, GHash, pada saat itu.

Otoritas Ukraina memperkirakan, warga negaranya memiliki cryptocurrency senilai sekitar 98,7 miliar setara dengan mata uang nasionalnya, sehingga legalisasi transaksi dengan aset crypto akan menambah pemasukan pajak setidaknya sebesar $ 45 juta setiap tahunnya pada 2019-2024, jelas dokumen tersebut.

Gambar

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer