Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$6,373.08
1.3%
Ethereum (ETH)
$211.88
6.52%
Bitcoin Gold (BTG)
$20.75
0.69%
XRP (XRP)
$0.329068
20.08%
EOS (EOS)
$5.11
4.93%
Naiknya Tren Mata Uang Digital, Menarik Penjahat Cyber?

Berita

Naiknya Tren Mata Uang Digital, Menarik Penjahat Cyber?

Meskipun Silk Road, pasar gelap online untuk obat dan transaksi kriminal, telah lama ditutup dan para pelaku sudah diamankan oleh pihak yang berwajib. Industri mata uang digital nampaknya masih rentan terhadap kegiatan ilegal. Setelah semua, transaksi dilakukan dengan menggunakan bitcoin, memungkinkan penjahat untuk mentransfer dana tanpa dilacak.

Selain itu, berbagai bentuk mata uang digital telah digunakan dalam penipuan, khususnya mereka yang terlibat dalam malware atau DDoS secara online, yang melibatkan bitoin sebagai alat pembayarannya. Hal ini telah menyebabkan banyak spekulasi bahwa munculnya bitcoin bisa mendorong lebih banyak kegiatan kriminal di dalam dunia maya.

Kerugian Mata Uang Digital

Kurangnya otoritas moneter terpusat yang mengawasi industri mata uang digital ini telah diidentifikasi sebagai salah satu alasan utama penggunaan mata uang digital secara ilegal. Sementara beberapa pemerintah dan negara telah menerapkan peraturan mereka sendiri untuk perusahaan di bisnis semacam ini, kurangnya koordinasi dan pemahaman masih menyisakan sebagian besar resiko dalam bertransaksi.

Pergeseran ke sistem berbasis mata uang digital akan berarti bahwa sebagian dari kekayaan dunia akan disimpan di jaringan komputer, yang dapat di-hack oleh kelompok yang telah terorganisir. Beberapa juga takut bahwa cyber teroris, atau kekuatan asing yang membiayai kegiatan ilegal di suatu negara lain, hal hal ini yang bisa jadi digunakan melalui mata uang digital dalam rangka menciptakan kekacauan ekonomi dan krisis keuangan.

Menurut sebuah laporan dari US regulator, Pengawasan Dewan Stabilitas Keuangan, “aktivitas dunia maya berbahaya kemungkinan akan berlanjut, dan organisasi sektor keuangan harus disiapkan untuk mengurangi ancaman serangan cyber yang memiliki potensi untuk menghancurkan data dan sistem kritis dan merusak operasi. “Menurut bank Australia ANZ, langkah terpusat untuk mempercepat semua pembayaran elektronik melalui sistem perbankan dalam waktu satu jam memiliki implikasi serius bagi keamanan online.

 

Gambar

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer