Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Miner Bitcoin Mulai Tutup Operasi Pada Desember 2018 Dan Sin...

Berita Bitcoin

Miner Bitcoin Mulai Tutup Operasi Pada Desember 2018 Dan Sinyal Berakhirnya Market Bearish

Pembahasan yang ramai dibicarakan mengenai Bitcoin dan cryptocurrency saat ini adalah apakah Bitcoin sudah mencapai titik terendahnya atau belum dan apakah pasar bearish sudah akan berakhir atau masih ada banyak penurunan lagi yang akan terjadi?

Para trader dan analis crypto mencoba untuk meninjau grafik harga dan indikator penting lainnya untuk mencari tanda-tanda keadaan market, salah satu analis tertentu menggunakan tingkat kesulitan penambangan Bitcoin atau yang biasa disebut dengan Bitcoin mining difficulty level dan potensi kapitulasi penambang crypto sebagai sinyal bahwa pasar bearish telah berakhir.

Grand FInal Pasar Bearish

Grand final adalah tontonan yang pantas ditunggu. Seperti halnya di seluruh pasar crypto bear, di mana ayunan harga yang kuat selama tahun 2018 berakhir dengan pergerakan eksplosif di bawah support kritis.

Pergerakan di bawah level harga $ 6K ini sangat kejam karena sejumlah besar perintah stop loss ditempatkan tepat di bawah level support yang tampaknya tidak bisa ditembus ini. Pembeli dan bull merasa yakin bahwa harga akan tetap bertahan di kisaran level itu, tetapi bersiap untuk yang terburuk dengan menempatkan stop order tepat di bawah level ini.

Ketika skenario terburuk menjadi kenyataan, stop order dieksekusi dan mendorong harga BTC untuk terus ke bawah. Bukan hanya investor, hedge fund, dan bull lainnya yang mengalami kerugian besar karena turunnya nilai BTC saat itu hingga saat ini.

Tidak hanya itu, penambang Bitcoin juga dipaksa untuk menjual kepemilikan mereka atau berisiko harga per BTC akan terus jatuh dan menghilangkan peluang untuk mempertahankan profitabilitas. Runtuhnya para penambang Bitcoin mungkin telah mengisyaratkan akhir dari pasar crypto bear tahun 2018 dan 2019, menurut seorang analis crypto.

Menurut Plan B, para penambang Bitcoin, adalah “penjual Bitcoin terbesar,” yang sudah “menyerah.” Dia lebih lanjut menjelaskan bahwa karena harganya yang sangat rendah dibandingkan dengan biaya penambangan BTC, penambang telah “mematikan perangkat keras penambangannya” dan “difficulty penambangan telah turun kembali.”

Sebagian besar pembuat grafik melihat untuk melewati gelembung Bitcoin untuk mendapatkan gambaran tentang bagaimana dampak dari bubble pop terbaru. Daripada melihat MACD, RSI, atau statistik terkait harga lainnya, grafik Plan B menggambarkan lonjakan ke bawah dalam penyesuaian BTC mining difficulty. Ketika membandingkan peristiwa kapitulasi terbaru terhadap dasar pasar bearish sebelumnya, pergerakan ke bawah dalam metrik utama ini bisa menjadi sinyal yang dicari semua orang yang menunjukkan bahwa pasar saat ini sedang berada di bottom.

Halving: Bukti Lain Bahwa Pasar Bearish Bitcoin Sudah Mulai Berganti

Data menunjukkan bahwa penambang Bitcoin jelas terikat dengan harga Bitcoin dalam berbagai cara. Bukan hanya penambang yang bisa memberi isyarat bahwa pasar beruang telah berakhir, tetapi blok reward yang diterima penambang bisa menjadi kunci untuk membuka kunci kenaikan berikutnya.

Bagan lain yang ditunjukkan oleh Plan B terilustrasi dalam berbagai nuansa warna, menjelang tanggal “halving” Bitcoin. Semakin dekat harga dengan tanggal halving ini, semakin tinggi harga per BTC dan tren kenaikan harga mulai beraksi.

Menurut grafik, dasar pasar bearish tahun 2011 berada pada 12 bulan sebelum halving di tahun 2012, dan pada 2015 bagian bottom berada pada 10 bulan sebelum halving kedua tahun 2016.

Ketika hadiah block berkurang dari 12,5 BTC menjadi 6,25 BTC. Aliran pasokan Bitcoin yang semakin berkurang mengalir ke dompet penambang membantu mengurangi tekanan jual di pasar, dan permintaan akhirnya mengambil alih kendali pasokan dan harga akan tumbuh secara eksponensial. Ketika ini mulai terjadi, FOMO harus kembali ke pasar secara besar-besaran, berpotensi membawa Bitcoin ke $ 100.000 per BTC, dan banyak investor yang percaya akan hal itu.

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer