Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
Rp50,765,413.17
1.25%
Ethereum (ETH)
Rp1,676,945.15
1.57%
Litecoin (LTC)
Rp447,958.13
2.65%
XRP (XRP)
Rp4,497.13
0.31%
Menurut Para Analis, Ethereum Constantinopel Akan Memicu Bul...

Berita, Berita Altcoin

Menurut Para Analis, Ethereum Constantinopel Akan Memicu Bullish

Market crypto kini sudah kembali pulih atau mengalami tren positif, Ethereum (ETH) telah mengalami kenaikan harga, bergerak dari 81 dollar ke 150 dollar dalam beberapa minggu ini. Dalam mode crypto klasik, reli monumental ini, yang hampir sebanyak 2 kali lipat dari nilai rendah Ether (81 dollar), tidak didukung oleh katalis yang jelas. Beberapa faktor mungkin merupakan potensi dari munculnya futures yang didukung ETH, sementara yang lain mungkin merupakan upgrade yang akan datang nanti terkait Ethereum (Constantinople).

Seorang analis crypto, Alex Krüger, baru-baru ini melakukan analisa, terkait apakah Constantinople dapat memicu pergerakan harga Ether untuk terus naik.

Bullish Atau Bearish?

Kami terangkan kembali, Constantinople adalah upgrade penting selanjutnya dalam timeline Ethereum, karena aktivasi protokol akan membawa satu blok rantai lebih dekat ke Serenity (scaling, Proof of Stake, dll). Sementara itu juga ada sejumlah peningkatan skala jangka pendek yang berkaitan dengan Constantinople, peluncuran protokol, dijadwalkan akan terjadi pada 16 Januari yang juga akan mengurangi reward blok dari tiga menjadi dua Eter.

Dengan mempertimbangkan teori penawaran dan permintaan yang sederhana, dan juga melihat aksi harga dari perubahan reward sebelum dan sesudah blok Bitcoin berganti, banyak yang mengira dan memprediksi bahwa ini akan menjadi permulaan peningkatan yang positif untuk ETH. Krüger mendukung sentimen ini, mengklaim bahwa dalam jangka panjang, apa yang disebut block reward “thirdening” secara jelas akan berimbas bullish.

Menariknya lagi analis ini juga mencatat bahwa berita mengenai fork Constantinople tidak secara cepat dapat mendorong pergerakan harga Ether selama beberapa hari terakhir namun akan berjalan secara bertahap dan butuh waktu yang lama. Krüger menjelaskan bahwa setelah tanggal diputuskannya untuk aktivasi upgrade tersebut, ETH akan melonjak selama sehari, sebelum turun selama delapan hari berturut-turut karena market masih dalam periode bearish. Selain itu, pengurangan hadiah atau reward blok ini nantinya akan ditentukan pada 31 Agustus.

Analisis historis dengan proporsi yang sama tidak membantu, karena pengurangan emisi Ether sebelumnya terhadap harga Ethereum bervariasi setiap waktunya.

Kruger juga sempat membahas mengenai prospek kesehatan penambangan cryptocurrency.

Apa Yang Mempengaruhi Pump ETH?

Sementara ini pandangan banyak orang Constantinople akan menjadi katalis bullish untuk Ether, namun ada beberapa orang yang masih bingung dengan alasan mengapa aset tersebut naik hingga 60% dalam seminggu terakhir ini. Ada sejumlah faktor yang bisa memberikan penjelasan mengenai kenaikan ETH.

Beberapa hari yang lalu, ada berita bahwa Consensus Systems (ConsenSys) dikabarkan melakukan pengurangan stafnya dan hal ini dikaitkan dengan pasar bearish yang sedang terjadi. The Verge, yang mengabarkan berita itu, mengklaim bahwa startup yang bermarkas di New York akan memutuskan hubungan dengan juru bicara, proyek-proyek internal, Proyek Ethereum atau ConsenSys itu sendiri. Dilaporkan ada pemecatan sebanyak 50% ~ 60% dari 1.200 karyawan yang ada di perusahaan, banyak di antaranya dipekerjakan dalam satu tahun terakhir saja.

Melihat bahwa ConsenSys pada dasarnya adalah Blockstream Ethereum, karena banyak dari ruji-ruji memainkan peran kunci dalam ekosistem, banyak yang berpikir bahwa ETH akan mengalami kematian. Namun, pada jam sebelas, Joseph Lubin, yang merupakan salah satu pendiri Ethereum dan kepala ConsenSys, muncul untuk menyelamatkan perusahaan.

Pada saat yang sama, pengusaha teknologi tersebut mengungkapkan bahwa apa yang telah dialami market crypto khususnya ETH ia menyebutnya sebagai crypto bottom pada 2018/2019, karena FUD (ketakutan, ketidakpastian, dan keraguan) yang telah membombardir komunitas akhir-akhir ini.

Gambar diambil dari elevenews

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer