Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
Rp50,781,195.10
1.34%
Ethereum (ETH)
Rp1,678,003.38
1.56%
Litecoin (LTC)
Rp447,678.26
2.48%
XRP (XRP)
Rp4,502.30
0.41%
Meningkatnya Mining Difficulty Akan Membawa Bitcoin Ke 17.00...

Berita, Berita Bitcoin

Meningkatnya Mining Difficulty Akan Membawa Bitcoin Ke 17.000 Dollar Tahun 2020

‘Prediksi yang tidak lazim’ mengenai peningkatan mining difficulty yang akan membawa harga bitcoin dikisaran harga 17.000 dollar pada tahun 2020 nanti – adakah hubungan yang saling mempengaruhi di antara keduanya.

Hubungan antara Harga dan Difficulty

Salah satu pengguna Twitter dengan username @100trillionUSD kembali membuat prediksi dengan grafik menarik Рkali ini ia mengkorelasikan hubungan antara harga dengan mining difficulty bitcoin yang akan terjadi di waktu mendatang.

Grafik diatas memvisualisasikan hubungan antara reward mining bitcoin yang berkurang sebanyak 50 persen dan dampaknya pada harga dari waktu ke waktu. Kali ini fokusnya adalah pada mining difficulty dan harga, karena banyak analis menganggap ada sebuah keterkaitan erat dengan jaringan hash rate.

“Harga Bitcoin mengikuti pergerakan hashrate,” kata Max Keizer awal tahun ini.

Mining tidak diragukan lagi menguntungkan ketika hash ratenya meningkat. Namun, tingkat hash yang tinggi juga menyebabkan mining difficulty Bitcoin meningkat. Ini membuat proses penambangan yang lebih intensif karena akan ada lebih banyak hash power yang diperlukan untuk mencapai hasil yang sama seperti pada tingkat difficulty yang rendah.

Jika hash rate terlalu tinggi dibandingkan dengan harga (seperti yang kita lihat pada tahun ini), penambang yang tidak mendapatkan keuntungan kemungkinan besar akan mematikan operasinya. Mereka akan menjual peralatan mereka atau hanya mematikan rig mereka sampai harga pulih kembali atau difficulty nya mulai turun kembali.

“Berdasarkan hasil jajak pendapat tentang difficulty bitcoin dan hubungan antara harga dengan difficulty bitcoin (lihat rumus di bawah), prediksi yang didapat untuk harga bitcoin pada tahun 2020 adalah: 17.317 dollar,” jelas 100trillionUSD.

Secara keseluruhan, 85 persen responden percaya difficulty akan meningkat 10-100 kali lipat dalam dua tahun ke depan. Sementara itu, hanya 10 persen yang berpikir ini adalah awal dari akhir untuk mining Bitcoin atau yang sering disebut sebagai ‘spiral kematian’.

Sebagian besar responden (59 persen) mengharapkan difficulty untuk terus naik 10x pada akhir tahun 2020. Namun, kelompok lain (27 persen), percaya bahwa kenaikannya bisa setinggi 100X, yang akan membawa harga Bitcoin ke kisaran 28.000 dollar.

Walaupun, ukuran sampel jajak pendapat ini agak kecil hanya dengan lebih dari 250 suara. Namun hal ini dapat menarik kesimpulan, bahwa mining difficulty merupakan faktor penting yang perlu dipertimbangkan untuk memprediksi harga BTC dan juga mengevaluasi keadaan jaringan secara keseluruhan.

Gambar sampul dari idxchart

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer