Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Mengapa Bitcoin Tidak Perlu ETF

Berita, Berita Bitcoin, Edukasi

Mengapa Bitcoin Tidak Perlu ETF

Komunitas Bitcoin tampaknya tidak bisa terganggu oleh keputusan Security Exchange Commission AS untuk menyetujui Winklevoss COIN Bitcoin ETF seperti yang diharapkan oleh para analis. Stabilitas pasar Bitcoin setelah penolakan dari ETF COIN ini memunculkan sebuah diskusi besar dengan tema mengapa Bitcoin tidak memerlukan ETF.

Bitcoin merupakan satu-satunya mata uang atau jaringan yang ada yang memfasilitasi pembayaran antara dua pengguna dengan adanya mediator atau administrator jaringan.

Baca juga: Apakah Biaya Transaksi Yang Sering Mengalami Peningkatan Membuat Fiverr Meninggalkan Bitcoin?

Sementara itu Bitcoin belum tentu dirancang untuk menggantikan mata uang fiat, Bitcoin diperkenalkan pada tahun 2009 yang ditujukan sebagai alternatif untuk struktur dan ekosistem keuangan global. Satoshi Nakamoto, pencipta Bitcoin, ingin menyajikan jaringan pembayaran tunai di mana pengguna tidak perlu untuk menjalani proses penyelesaian praktis dan tidak efisien untuk mengirim dan menerima uang dari satu sama lain.

Seiring berjalannya waktu, Bitcoin sebagai teknologi desentralisasi ini akan terus berkembang, dengan karya tim pengembangan Bitcoin Core serta tim pengembangan Bitcoin open sourch global. Kekuatan hash jaringan Bitcoin kini juga sudah mulai mengamankan jaringan dari serangan eksternal dan menyambut puluhan juta pengguna baru ke dalam jaringan.

Seperti yang di katakan Bitcoin dan ahli keamanan Andreas Antonopoulos, jaringan keuangan benar-benar desentralisasi, transparan dan aman dari Bitcoin mulai menggantikan industri keuangan dan memberikan fasilitas lengkap kepada masyarakat umum dengan rendahnya biaya dan kecepatan jaringan keuangan yang lebih cepat.

Sebelum mempertimbangkan fakta bahwa ratusan juta dolar dan berpotensi miliaran dolar bisa saja dituangkan ke Bitcoin sebagai akibat dari persetujuan dari ETF COIN, penting untuk merenungkan tujuan Bitcoin sebagai jaringan keuangan. Tujuan sebenarnya dalam kerangka keuangan global adalah untuk memungkinkan orang untuk melakukan pembayaran peer-to-peer antara satu sama lain, tidak untuk mengumpulkan investasi besar dalam pasar yang sangat besar dan diatur secara ketat.

Antonopoulos menyatakan:

“Jika Anda mengukur keberhasilan Bitcoin melalui persetujuan dari industri yang berkuasa, Anda salah besar.”

Dua argumen utama yang disajikan oleh SEC yaitu ketidaksetujuan mereka terhadap ETF COIN adalah bahwa SEC tidak bisa melindungi investor dari kerugian yang dibuat sementara dalam perdagangan Bitcoin serta jaringan Bitcoin tidak dapat surveilled dengan mudah seperti orang lain.

Karena jaringan Bitcoin sepenuhnya menghilangkan kemungkinan dalam memulihkan transaksi atau pendanaan pembayaran, memaksa pengguna untuk lebih bertanggung jawab. Pada PayPal misalnya, jaringan keuangan terpusat, pengguna dapat meminta moderator jaringan jika mereka keliru mengirim transaksi yang tidak benar atau pembayaran yang diproses ke penerima yang salah. Dalam jaringan Bitcoin, tidak ada tim administrasi seperti itu dan pengguna bertanggung jawab untuk uang dan transaksi mereka sendiri.

SEC perlu untuk menjamin dana para investor dan pedagang dengan polis asuransi, yang pada dasarnya berarti bahwa ketika Bitcoin hilang atau dicuri atau mistraded, SEC harus bertanggung jawab untuk melindungi investor dari kerugian apapun itu bentuknya, itu yang menjadi alasan dasar bahwa Bitcoin ETF tidak akan pernah disetujui oleh SEC.

Kutipan Dokumen resmi dari SEC:

“Seperti yang dibahas secara lebih lanjut di bawah ini, Komisi ini tidak setuju terhadap perubahan aturan yang diusulkan karena tidak menemukan konsisten pada proposal dengan Pasal 6 (b) (5) dari Exchange Act, yang membutuhkan, antara lain, bahwa aturan-aturan dari bursa efek nasional dirancang untuk mencegah tindakan dan praktik curang dan manipulatif dan untuk melindungi investor dan kepentingan umum. “

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Mengapa Bitcoin Tidak Perlu ETF

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer