Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,422.57
-3.98%
Ethereum (ETH)
$88.68
-4.96%
Bitcoin Gold (BTG)
$11.74
-3.39%
XRP (XRP)
$0.299525
-2.67%
EOS (EOS)
$1.85
-8.62%
Kesulitan Penambangan Bitcoin Terlihat Menurun Tajam

Berita, Berita Bitcoin, Berita Pertambangan/Mining

Kesulitan Penambangan Bitcoin Terlihat Menurun Tajam

Kesulitan penambangan Bitcoin atau yang biasa disebut Bitcoin mining difficulty mengalami penurunan hingga 15,13% pada 3 Desember 2018, persentase penurunan paling tajam sejak November 2011.

Secara keseluruhan, kesulitan penambangan Bitcoin telah turun dari 7,45 triliun pada awal Oktober menjadi 5,65 triliun hingga saat ini. Ini bertepatan dengan penurunan tingkat hash Bitcoin dari rekor tinggi 62 EH/s menjadi 32 EH/s pada 2 Desember. Ini secara implisit menunjukkan bahwa 30 EH/s dari tingkat hash penambangan Bitcoin, yang mewakili miliaran dolar peralatan penambangan, telah dimatikan karena tidak lagi menguntungkan. Hal ini disebabkan oleh jatuhnya harga Bitcoin dari 6,500 USD ke harga 3.500-4.000 USD selama paruh kedua November 2018 ini.

Kesulitan penambangan Bitcoin akan berubah setiap 2.016 blok, yang kira-kira setiap dua minggu, untuk mempertahankan waktu blok Bitcoin pada 600 detik. Karena jika tingkat hash Bitcoin naik, maka waktu block menjadi lebih pendek pada kesulitan/difficulty yang konstan, dan jika tingkat hash Bitcoin menurun maka waktu blok menjadi lebih lama. Memang, waktu blok Bitcoin telah meningkat menjadi 700 detik sebelum perubahan kesulitan terbaru mulai berlaku, jadi jaringan Bitcoin jauh lebih lambat dari biasanya. Tanpa perubahan kesulitan/difficulty, total pasokan 21 juta Bitcoin akan ditambang, yang akan menyebabkan tekanan ke bawah yang kuat pada harga Bitcoin, serta akhir yang cepat untuk industri pertambangan Bitcoin seperti yang kita ketahui. Lebih lanjut, ini akan menyebabkan jaringan Bitcoin menjadi kurang aman, yang tidak dapat diterima, dan alasan utama mengapa perubahan kesulitan penambangan berkala itu sangat penting.

Perubahan kesulitan yang menurun sebenarnya adalah kabar baik bagi penambang Bitcoin yang masih melakukan penambangan atau mining, karena dengan penurunan sebanyak 20% dalam kesulitan penambangan ini selama satu bulan terakhir secara langsung berkorelasi dengan peningkatan 20% dalam pendapatan penambangan Bitcoin per unit tingkat hashnya.

Secara logis, peningkatan 20% dalam keuntungan penambangan Bitcoin per unit tingkat hash adalah kabar yang baik bagi para penambang baru untuk memasuki permainan, namun perlu di ingat mungkin penambang baru akan kalah dengan para pemain besar di area ini.

Gambar

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer