Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$6,356.33
1.16%
Ethereum (ETH)
$211.42
7.15%
Bitcoin Gold (BTG)
$20.81
2.62%
XRP (XRP)
$0.328894
20.26%
EOS (EOS)
$5.11
5.29%
Keputusan Parlemen Zona Euro Tentang Cap Kredit dan Biaya Tr...

Berita

Keputusan Parlemen Zona Euro Tentang Cap Kredit dan Biaya Transaksi Kartu Debit Berdampak Pada Bitcoin?

Melihat bahwa anggota parlemen Eropa secara runtut telah mengusulkan undang-undang yang membatasi biaya pembeli dan pengecer untuk membayar proses transaksi kartu kredit dan debit. Untuk pembayaran kartu kredit yang dilakukan di seluruh Eropa, cap ini akan dikenai 0,3 persen dari nilai transaksi, sedangkan untuk kartu debit, itu akan menjadi 0,2 persen.

Keputusan ini diharapkan dapat memberikan manfaat pengecer Inggris £ 480.000.000 per tahun; dan karena itu secara tidak langsung akan menghemat pelanggan dari membayar tambahan biaya tertutup untuk barang dan jasa yang mereka beli. Selain itu, aturan baru ini juga akan memungkinkan pengecer untuk memilih kartu untuk menerimanya, dalam hal ini, lebih baik dari VISA dan MasterCard, salah satu bank meniru kartu mirip American Express dan Diner yang telah dibebaskan dari hukum.

Rancangan asli dari undang-undang tersebut pertama kali diusulkan pada 2013, setahun setelah MasterCard ditemukan untuk overcharging klien, dengan pada akhirnya memperoleh pendapatan miliaran setiap tahun dari apa yang disebut biaya transaksi lintas batas.

Sementara, Meningkat untuk Bitcoin

Mata uang Digital Bitcoin itu sendiri diluncurkan sebagai sistem pembayaran peer-to-peer yang memotong perantara yang tidak perlu dari transaksi, sehingga menghemat banyak uang untuk kedua pengirim dan penerima. Ini memang muncul dengan sendirinya sebagai alternatif sistem pembayaran tyrannically monopolised.

Meskipun berada di halaman yang sama dengan anggota parlemen Eropa, namun sistem desentralisasi Bitcoin khawatir rekan-rekan akhirnya menyimpannya jauh dari yang sepenuhnya diadopsi. Volatilitas harga Bitcoin dan asosiasi yang secara terus-menerus dengan kegiatan kriminal, yang berkaitan dengan terorisme, perdagangan narkoba dan pencurian online yang terus pemerintah yakini sebagai adopsi sistem desentralisasi Bitcoin pertama kali.

Namun, sebagai orang-orang menjadi semakin khawatir tentang underlying asset teknologi Bitcoin – blockchain, misalnya – pemanfaatannya melahirkan sederet fitur pembayaran subordinasi, contoh terbaik menjadi pembayaran protokol Ripple yang menawarkan layanan kabel lintas perbatasan yang mudah dan murah .

Volatilitas Bitcoin yang kemudian diselesaikan dengan pengenalan prosesor pembayaran seperti BitPay dan Coinbase. Menggunakan layanan konversi mata uang kasir tersebut, pengecer dapat menerima pembayaran langsung di fiat bahkan membayar konsumen di Bitcoin. Metode yang luar biasa ini menyebabkan Bitcoin menjadi pilihan pembayaran dari beberapa perusahaan terkemuka di dunia mirip Microsoft dan Dell, meskipun dengan perantara.

Lambatnya Adopsi Bitcoin di Eropa

Sebuah laporan terbaru dari Bank Sentral Eropa yang mencatat bahwa hanya 2% untuk Eropa yang menggunakan E-Money dan instrumen pembayaran lain seperti Bitcoin, sementara 43,5% masih mengandalkan pembayaran kartu.

Memang ada ketidakjelasan tentang legalitas Bitcoin di Uni Eropa yang telah menyebabkan tingkat adopsinya kecil. Stakeholder berpikir bahwa akan selalu ada beberapa risiko yang besar terkait dengan mata uang, yang lebih lanjut menambahkan ketidakpastian tersebut di atas. Dalam pernyataannya pada tahun 2012, Uni Eropa telah menyerukan badan hukum Bitcoin di bawah Uang Elektronik Directive 2009 UU/10/EC. Setahun kemudian meskipun, badan pengawas Uni Eropa Eropa Banking Authority (EBA) yang menyerukan peringatan singkat terhadap penggunaan mata uang virtual, dan disebutkan sebagai asset “yang tidak diatur”.

Dewan hukum Swedia yang berbasis mengangkat teori konflik ini di salah satu blogposts, mengatakan bahwa Uni Eropa harus “memastikan kemungkinan keseimbangan maksimum antara kepentingan stakeholder Bitcoin dan keinginan untuk pelestarian manfaat Bitcoin dan mitigasi risiko yang relevan, dan kepentingan regulator berupaya untuk memastikan kepatuhan stakeholder Bitcoin dengan hukum.”

Pada akhirnya, kurangnya kejelasan memperlambat adopsi Bitcoin di seluruh Eropa.

Persimpangan

Dengan 0,2-0,3% penurunan transaksi Visa dan MasterCard  memang menimbulkan persaingan serius untuk usaha baru mirip Bitcoin. Mata uang digital saat ini dengan biaya minimal 0.0001 BTC (setara dengan $ 0,03 USD pada waktu pers) untuk mengkonfirmasikan transaksi, yang masih terlalu di bawah perusahaan pembayaran terpusat. Tapi Uni Eropa memutuskan untuk mengatur biaya transaksi, hasil bagi kepercayaan akan lebih ke arah metode pembayaran tradisional.

Namun ada risiko yang terlibat dalam pembatasan biaya transaksi juga, karena akan langsung menghapus keuntungan dari ruang debit. Hal ini akan membujuk bank-bank Eropa untuk menawarkan layanan berkualitas rendah, menyebabkan lebih banyak orang putus pada akhirnya. Hal ini semakin berarti bahwa setiap orang yang ingin menerima rabat, atau fitur menarik lainnya dengan kartu kredit/debit baru, tidak akan dilayani dengan antusias.

Ini memang akan menjadi kesempatan besar bagi startups Bitcoin yang berbasis mirip Ripple Labs untuk melompat ke bisnis dan mendorong bank-bank dan pengguna bergantung pada metode pembayaran alternatif. Keterlibatan bisnis utama, seperti yang terjadi di Amerika Serikat, lebih lanjut akan mendorong anggota parlemen untuk mengesampingkan peraturan yang disederhanakan untuk bisnis Bitcoin.

Dalam masyarakat Bitcoin yang sementara diperlukan adalah untuk merancang penilaian risiko kebijakan dalam kasus mereka dan ingin mendapatkan kepercayaan dari regulator, vendor dan konsumen .. integrasi mereka ke dalam industri pembayaran yang sangat kompetitif ini memang akan lebih mudah, jika diberikan dengan terencana dan pendekatan praktis.

Ini hanyalah salah satu di antara–banyak cara untuk melihat masa depan Bitcoin itu. Jangan ragu untuk memberikan kritik dan ide-ide untuk memperluas pendapat ini.

 

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer