Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,428.36
-3.8%
Ethereum (ETH)
$89.07
-4.53%
Bitcoin Gold (BTG)
$11.81
-2.87%
XRP (XRP)
$0.299964
-2.52%
EOS (EOS)
$1.86
-8.25%
Kelompok Bisnis Islam Akan Menerapkan Cryptocurrency Di Semu...

Berita, Berita Blockchain

Kelompok Bisnis Islam Akan Menerapkan Cryptocurrency Di Semua Negara Muslim

Cryptocurrency di Iran sedang menunggu persetujuan dari Bank Sentral Iran (CBI) Forum Bisnis Internasional (IBF) telah menetapkan satu mata uang digital tunggal untuk semua negara Muslim.

Konsep ini telah dimulai dengan langkah Iran saat ini untuk mengurangi dilema sanksi, mencoba untuk memerangi apa yang dilihatnya sebagai dominasi dolar AS dalam perdagangan dunia dengan meluncurkan cryptocurrency nasionalnya sendiri.

IBF, sebuah kelompok bisnis yang berfokus pada Muslim, mengklaim bahwa dolar lebih banyak digunakan sebagai alat pemberi sanksi daripada alat purposeful financial. Ketua Grup Erol Yarar menyerukan perubahan status quo dalam perdagangan internasional, dengan berkomentar:

“Di IBF tahun ini kita akan membahas istilah ‘pluralism moneter’ untuk menciptakan lingkungan perdagangan yang lebih adil dan sehat … Kami akan membuat sistem cryptocurrency, yang akan digunakan untuk perdagangan internasional di semua negara-negara Islam.”

Pembahasan mengenai cryptocurrency Islam ini sekarang telah memuaskan negara-negara Islam di seluruh dunia yang menggunakan mata uang digital yang tidak bertentangan dengan Hukum Syariah. Matthew J. Martin dari Blossom Finance, startup fintech yang berbasis di Indonesia menjelaskan posisi ini:

“Sebagai jaringan pembayaran, Bitcoin itu halal. Bahkan, Bitcoin melampaui apa yang ditawarkan oleh jaringan perbankan tertutup/closed bank konvensional. Tidak seperti jaringan bank konvensional yang menggunakan private ledger di mana tidak ada jaminan bahwa originator benar-benar memiliki underlying asset, Bitcoin menjamin dengan kepastian matematika bahwa originator pentransfer memiliki underlying asset. Bank konvensional beroperasi menggunakan prinsip cadangan fraksional, yang dilarang dalam Islam.”

Yarar berpendapat bahwa cryptocurrency Islami yang diakui secara internasional untuk semua negara Muslim di seluruh dunia sangat penting agar negara-negara yang mengadopsinya “melemahkan dan menantang hegemoni Amerika yang sudah ada dalam sistem keuangan global”.

Iran telah menyarankan bahwa cryptocurrency nasionalnya yang baru dan belum disebutkan namanya tersebut akan membawa “pencerahan” pada perekonomian mereka. Ketika mata uang tersebut dikeluarkan untuk lembaga perbankan, rencana untuk menguji pembayaran dan transaksi internal serta antar bank akan menjadi tugas pertama bagi sektor perbankan Iran sebelum benar-benar diterbitkan atau digunakan.

Gambar

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer