Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$6,478.53
-1.15%
Ethereum (ETH)
$203.11
-2.3%
Bitcoin Gold (BTG)
$25.99
-1.41%
XRP (XRP)
$0.455807
-3.48%
EOS (EOS)
$5.35
-1.46%
Justin Sun Mengakuisisi BitTorrent

Berita, Press Release

Justin Sun Mengakuisisi BitTorrent

Hanya sedikit orang yang tahu tentang dua upaya gagal yang dilakukan oleh BitTorrent, mantan pemimpin P2P, untuk mengubah dirinya menjadi perusahaan media setelah penurunannya dari pengunduhan BT. Tentunya, meskipun ini adalah game-changer teknologi, BitTorrent tidak lagi menjadi favorit industri Internet. Kelahiran kembali yang didukung oleh Tron membuat suatu periode menuju dekade kemalangan yang lalu. Sekarang di jack baru Internet klasik, Tron juga mengubah halaman baru.

Seminggu sebelum peluncuran mainnet Tron, berita bahwa Justin Sun dan startup blockchain-nya mengakuisisi pengembang BitTorrent, protokol P2P terdesentralisasi, senilai USD $ 140 juta melayang di Pasifik. Untuk waktu yang lama, BitTorrent telah mencari pembeli. Itu akhirnya membuat keputusan untuk bergabung dengan Tron, proyek bintang dalam teknologi blockchain.

Penebusan Internet klasik

Selalu ada orang-orang di dunia ini yang berjuang untuk bangsa impian mereka — negara yang liberal, setara, demokratis, yang diatur sendiri yang tidak lagi tunduk pada otoritarianisme atau menipu kaum muda atau yang lama. Ini juga berlaku untuk dunia internet. Di sini juga para geek revolusioner yang tidak pernah berhenti mendesentralisasi web.

Pada tahun 2004, mode baru download terdesentralisasi pengguna internet global yang hiruk-pikuk. BitTorrent memperkenalkan jaringan P2P sebagai cara baru untuk berbagi dan menyimpan data. Berbeda dari mode berbasis server, dengan BitTorrent semua orang dapat menyediakan terminal lain dengan data yang dapat diunduh, artinya semakin banyak orang bertukar dan berbagi melalui BT, semakin cepat kecepatan unduhan. Ini membuat pembagian dan distribusi file besar (misalnya video) jauh lebih mudah. BitTorrent menandai tonggak dalam perkembangan Internet klasik ketika aliran video mulai menyalip audio.

BitTorrent tidak diragukan lagi merupakan pelopor berbagi data P2P, penyimpanan, dan cadangan di bawah struktur jaringan terdistribusi. Lebih penting lagi, itu menciptakan perspektif baru untuk lapisan yang mendasari yang membangkitkan pemahaman baru dan konsepsi Internet.

Justin mengatakan dalam bukunya Letter to the Community, “BitTorrent adalah asal mula gerakan desentralisasi. Pengembang, wirausahawan, dan komunitas Web yang terdesentralisasi menganggap BitTorrent sebagai pelopor teknologi desentralisasi. Ini adalah fondasi dari Internet yang terbuka, transparan, dan berbagi. protokol.”

Namun, protokol open-source BitTorrent dan masalah hak cipta dengan file bersama akan segera mengungkap lebih banyak masalah. Pembuat konten dan penerbit menyerang teknologi P2P yang diwakili oleh BitTorrent karena masalah keamanannya, serangan peretas, kebocoran informasi pribadi, pembatasan kebijakan, distribusi keuntungan, dan masalah hak cipta. Selain itu, dengan munculnya situs web video, okupansi transmisi transmisi P2P Internet terus menurun.

Meskipun BitTorrent masih menampung setidaknya 170M pengguna aktif bulanan dan 40% dari aliran Internet global, komersialisasi teknologinya tetap menjadi tantangan besar. Pendiri BitTorrent percaya bahwa perusahaan dengan alat hebat harus melakukan sesuatu yang lebih besar.

Setelah booming Bitcoin, teknologi blockchain berdasarkan jaringan P2P terdistribusi, algoritma enkripsi dan konsensus memicu harapan di Internet klasik. Algoritma enkripsi asimetris teknologi blockchain memungkinkan perlindungan privasi saat membangun koneksi P2P langsung. Setiap pihak ketiga tidak dapat terlibat dalam interaksi P2P. Desentralisasi data diwujudkan dengan menempatkan penyimpanan dan perhitungan data di tangan pengguna sendiri. Sementara itu, penggunaan kontrak cerdas memungkinkan setiap kontributor untuk berbagi minat secara damai dan menumbuhkan konsensus data pada tingkat aplikasi, yang sangat mendukung legitimasi web yang terdesentralisasi.

Situs web resmi BitTorrent juga menunjukkan arah yang dituju. Ini bertujuan untuk mewujudkan mobilitas data yang lebih tinggi. Ia ingin memungkinkan pembuat konten untuk mengambil keuntungan dari kreasi dan pengguna mereka untuk dapat bersama-sama membangun ekosistem dengan cara yang mereka sukai, dengan konsensus pada konten yang dibagikan. Tampaknya BitTorrent akan menemukan sekutu terbaiknya dalam industri blockchain.

Kompatibilitas intrinsik menarik BitTorrent dan Blockchain bersama. Dikatakan bahwa Protokol TRON, salah satu sistem operasi berbasis blockchain terbesar di dunia, menawarkan dukungan terukur, ketersediaan tinggi, dan tinggi-throughput yang berfungsi sebagai dasar untuk semua aplikasi yang terdesentralisasi dalam ekosistem TRON. Protokol ini juga menggunakan platform kontrak cerdas inovatif yang dapat digarap untuk meningkatkan kompatibilitas dengan kontrak cerdas Ethereum. TRON memiliki visi untuk membangun sistem hiburan gratis global dan mendesentralisasi web.

Pembayaran USD $ 140 juta yang murah hati tidak hanya mengangkat BitTorrent dari pergumulannya, tetapi juga menandakan upaya baru untuk Internet klasik dan industri blockchain.

Saling menguntungkan: 1 + 1> 2

Akuisisi besar ini, satu lagi langkah besar sejak TRON menyatakan kemandirian, menyebabkan kehebohan besar dalam industri blockchain di mana kegirangan muncul satu demi satu.

Secara teknologi, bergabung dengan BitTorrent akan memperkuat jaringan yang mendasari terdistribusi TRON. Telah diketahui bahwa BitTorrent akan memberikan bantuan pada lapisan penyimpanan protokol TRON untuk meningkatkan kinerja dan stabilitasnya secara keseluruhan. Intinya, perkawinan teknologi BitTorrent dan teknologi blockchain TRON akan berlaku, melalui pembangunan bersama penyimpanan database komputasi awan yang aman, teknologi BitTorrent ke tempat nilai komersial nyata dapat dibuat. Kolaborasi ini juga akan mengedepankan kekuatan menerapkan protokol dasar yang kuat seperti penyimpanan cloud, unduhan terdistribusi, dan distribusi konten pada blockchain publik TRON.

Sorotan akuisisi adalah bahwa pengguna 100M + BitTorrent sekarang adalah TRON. Bahkan, kedua perusahaan memiliki lebih banyak pengguna daripada pemain lain di bidangnya masing-masing. Ini adalah 170M + pengguna aktif bulanan yang membuat BitTorrent salah satu protokol berkinerja terbaik berdasarkan teknologi P2P. Dengan deklarasi kemerdekaan TRON pada tanggal 25 Juni, sudah ada lebih dari 1,2 juta pemegang TRX di seluruh dunia, melebihi jumlah komunitas pemegang token lainnya.

Masuknya 100M + pengguna lebih lanjut mengkonsolidasikan basis pengguna ekosistem TRON dan menyuntikkan vitalitas ke komunitasnya. Untuk satu hal, ekosistem TRON memenuhi kebutuhan pengguna BitTorrent yang sudah lama ada. Dengan rencana insentif TRON, para pengguna ini akan dapat mengenali nilainya dan mendorong konsensus yang lebih kuat, yang akan mendorong mereka untuk menjadi pemegang TRX. Prospek yang begitu cerah dari TRX diharapkan akan menghasilkan kinerja yang memuaskan meskipun pasar lesu, mengamankan tempatnya dalam 10 besar dan membawanya lebih dekat ke tempat ke-6.

Untuk yang lain, didorong oleh kepentingan pribadi dan nilai-nilai bersama, tidak hanya kontributor konten BitTorrent didorong untuk terlibat aktif dalam pengembangan masyarakat, tetapi juga biaya akuisisi klien dan biaya aktivitas pengguna dapat secara signifikan diturunkan. Dengan cara ini, kontribusi lebih dapat dibuat untuk pembentukan sistem hiburan global gratis, menurunkan ambang komersialisasi akhir.

Ini tidak hanya bersemangat TRON muda, tetapi juga menunjukkan kepada blockchain dan industri Internet tradisional bagaimana 1 + 1> 2.

Seperti yang kita semua tahu, diperangi oleh masalah pengguna dan biaya aliran tinggi, dividen Internet tradisional tidak lagi utuh. Hal ini sangat membutuhkan mekanisme insentif baru untuk mengembalikan vitalitas. Token ekonomi berdasarkan teknologi blockchain mendekati kepuasan. Ekosistem majemuk pluralistik menampilkan keberlanjutan dan daur ulang, yang memungkinkan peserta global untuk terlibat dalam R & D dan pemeliharaan di mana pun mereka berada. Pengguna komunitas memainkan peran kunci dalam pengembangan ekosistem, mengambil inisiatif untuk berkomunikasi dan mentransformasi. Begitu mereka berbagi nilai yang sama, keterlibatan pengguna dapat tumbuh pada tingkat yang tidak terduga. Semua ini tidak mungkin di Internet klasik.

Internet tradisional perlu mengubah atau mengoptimalkan model bisnis yang ada dengan token economy; startup blockchain bersemangat untuk mengejar teknologi matang, basis pengguna, dan gen komersial Internet tradisional dalam tahap eksplorasi dan pengembangan. keinginan. Oleh karena itu, alih-alih antagonisme, keduanya harus menjaga keterbukaan dan kolaborasi dalam dunia yang hidup berdampingan, sehingga membangun energi untuk komersialisasi berskala besar yang akan datang.

Akuisisi TRON terhadap BitTorrent telah memberikan perspektif lain untuk kombinasi industri Internet dan blockchain tradisional, yang dapat dicatat sebagai kasus klasik akuisisi perusahaan blockchain terhadap perusahaan Internet tradisional dalam sejarah blockchain.

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer