Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,612.86
4.92%
Ethereum (ETH)
$94.94
4.43%
Bitcoin Gold (BTG)
$12.45
5.25%
XRP (XRP)
$0.313136
2.7%
EOS (EOS)
$2.02
11.63%
JPMorgan Memperluas Uji Coba Pembayaran Blockchain Dengan 75...

Berita

JPMorgan Memperluas Uji Coba Pembayaran Blockchain Dengan 75 Bank

Uji coba pembayaran blockchain yang diluncurkan oleh JPMorgan, ANZ Australia dan Royal Bank of Canada baru saja memperoleh lebih dari 75 bank baru sebagai peserta.

Ketiga bank tersebut mendirikan proyek tersebut pada bulan Oktober 2017 lalu, yang bertujuan untuk memangkas waktu dan biaya yang diperlukan untuk pembayaran antarbank menggunakan metode tradisional.

Disebut sebagai Interbank Information Network (IIN), platform ini dibangun diĀ Quorum – jaringan blockchain berbasis ethereum yang dikembangkan oleh JPMorgan dan kemungkinan akan dipisah menjadi perusahaan sendiri.

Jason Goldberg, analis bank di JPMorgan, mengatakan kepada FT (Financial Times) bahwa pembayaran adalah area di mana bank paling terancam oleh persaingan non-bank, tambahnya: “Blockchain adalah cara untuk menjaga [bisnis] tersebut.”.

Secara khusus, uji coba ini bertujuan untuk mengatasi pembayaran yang mengandung kesalahan atau penangguhan karena alasan kepatuhan – masalah yang dapat memakan waktu berminggu-minggu untuk penyelesaian dengan beberapa bank yang terlibat di seluruh rantai pembayaran.

Upaya kali ini sudah memperlihatkan transaksi pembayaran antar bank dengan nilai sekitar $ 14,500 per harinya dengan IIN, meskipun jumlah itu diperkirakan akan meningkat pesat karena semakin banyak anggota baru bergabung dengan proyek ini ke depannya.

JPMorgan juga berencana menambahkan mata uang fiat selain USD ke sistemnya, tambah FT.

Gambar

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer