Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
JP Morgan Berencana Untuk Mengeluarkan Crypto ‘JPM Coin’: Ap...

Berita

JP Morgan Berencana Untuk Mengeluarkan Crypto ‘JPM Coin’: Apakah Bitcoin Dan Cryptocurrency harus waspada?

Di tahun 2017 JP Morgan pernah menyebut Bitcoin adalah penipuan, CEO JP Morgan Chase Jamie Dimon kemudian mengatakan ia menyesali pernyataan tersebut pada tahun 2018 lalu. Sekarang perusahaannya telah mengumumkan crypto baru bernama JPM Coin yang akan digunakan untuk menyelesaikan pembayaran antar klien perbankan secara instan dengan cara yang sama seperti koin Ripple XRP.

Pengumuman ini bisa jadi sinyal positif maupun negatif bagi ruang crypto dan aset individu seperti Bitcoin dan XRP. Berita ini langsung membuat industri gembira, dan memunculkan banyak pemikiran yang berdampak terhadap landscape crypto yang akan datang.

JP Morgan Chase telah mengumumkan cryptocurrency pertamanya yang dirancang oleh sebuah perusahaan perbankan tradisional yang berbasis di Amerika Serikat. Crypto yang disebut JPM Coin tersebut, akan digunakan untuk memfasilitasi transaksi instan antara klien perusahaan.

JP Morgan diperkirakan selalu melakukan transaksi lebih dari 84 ribu triliun rupiah di seluruh dunia setiap harinya untuk kliennya. Sementara nanti hanya ada sebagian saja yang akan dialokasikan untuk uji coba transaksi yang mengintegrasikan JPM Coin, 2% dari pembayaran harian JP Morgan yang senilai 84 ribu triliun itu setara dengan seluruh kapitalisasi pasar mata uang digital saat ini. Tidak dapat disangkal bahwa implikasi dari pengumuman ini sangat besar, terutama jika uji coba terbukti berhasil dan JP Morgan menggunakan JPM Coin di seluruh bisnisnya.

CEO JP Morgan Jamie Dimon berulang kali menghina cryptocurrency, terutama Bitcoin di masa lalu, bahkan menyebut salah satu putrinya “bodoh” karena putrinya sempat membeli Bitcoin tahun yang lalu. Tetapi sekarang, perusahaannya tidak hanya mendukung teknologi yang sedang berkembang tersebut secara besar-besaran, mereka juga dengan gamblang menunjukkan bahwa cryptocurrency sebagai use case adalah valid dan kelas aset yang siap untuk digunakan.

JPM Coin tentu akan mendongkrak legalitas Bitcoin dan cryptocurrency nantinya. Dengan ranahnya di pembayaran perbankan, tentu XRP akan merasa tersaingi. Mari kita simak bersama mengenai perkembangan JPM Coin dan dampak besarnya bagi cryptocurrency.

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer