Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$6,378.59
1.38%
Ethereum (ETH)
$211.97
6.55%
Bitcoin Gold (BTG)
$20.79
0.91%
XRP (XRP)
$0.327978
19.64%
EOS (EOS)
$5.13
5.23%
INTERNET OF THINGS (IOT) DAN APLIKASI KESEHATAN

Berita, Press Release

INTERNET OF THINGS (IOT) DAN APLIKASI KESEHATAN

Internet of Things (IoT) adalah salah satu bidang utama teknologi inovatif. Konsep IoT adalah perangkat elektronik “berkomunikasi” antara dirinya sendiri tanpa bantuan manusia, sehingga objek berbagi informasi melalui World Wide Web secara otomatis. Dengan menggunakan TCP | IP (protokol transfer data), komunikasi antar jaringan global menjadi lebih mudah diakses dan memungkinkan sistem dikonsolidasikan di antara mereka sendiri, menciptakan jaringan di dalam jaringan. Akibatnya, adalah mungkin untuk mengubah tidak hanya model bisnis industri perorangan, tetapi juga ekonomi seluruh negara bagian. IoT sudah digunakan di bidang pertanian, industri, keuangan, perawatan kesehatan, dll.

IoT di bidang kedokteran

Kemampuan untuk menggunakan IoT untuk mengalokasikan beban untuk peralatan medis dapat mengurangi antrian di pusat diagnostik. Aliran data permanen memberikan gambaran lengkap tentang penyakit pasien, yang memungkinkan dokter untuk menanggapi setiap perubahan pada waktu yang tepat. Perangkat khusus mengukur data biometrik penting dari pasien dan meneruskannya ke cloud untuk pemrosesan dan penyimpanan. Dengan cara ini, perawat bisa mengunjungi bangsal pasien yang membutuhkan pada waktu itu.

Diagnostik

Penggunaan kecerdasan buatan (artificial intelligence / AI) dapat mempercepat diagnosis patologi, dan membuatnya seakurat mungkin.

Contoh pengembangan inovatif menggunakan AI dalam kedokteran:

  • September 2016, sebuah perusahaan Israel menyajikan sistem berbasis AI – Beyond Verbal, yang mampu mendiagnosis penyakit dengan suara.
  • Februari 2017, pakar Amerika menghadirkan perangkat nirkabel yang mengendalikan kesehatan para atlet. Alat ini menghasilkan hasil berdasarkan sifat konduksi pada kulit. Data dikirim ke smartphone atau tablet.
  • Mei 2017, ilmuwan dari Perm mengenalkan sebuah sistem berbasis NeuroNet dengan menggunakan metode pemodelan matematika untuk mendiagnosis penyakit jantung dan vaskular. Sistem ini mondar-mandir dan mampu mendiagnosa dirinya sendiri. Prosesnya memperhitungkan sekitar 70 indikator.
  • Spesialis China baru-baru ini kagum dengan sistem diagnosis klinis berbasis AI yang unik. Dalam waktu kurang dari lima detik, ia menangani 100 riwayat penyakit. Diagnosa mesin 20% lebih akurat daripada yang dilakukan oleh dokter.

Diagnosis otomatis menggunakan Machine Learning akan selalu menjadi langkah selanjutnya dalam transformasi kedokteran di seluruh dunia.

Pengobatan melalui IoT

Untuk memberikan perawatan mendesak kepada yang terluka di medan perang, ilmuwan Israel telah mengembangkan gelang prototip dengan chip NFC. Perangkat menyimpan semua informasi kesehatan pasien dan peta GPS lokasi dimana tentara tersebut terluka.

Contoh selanjutnya:

  • Sensor khusus yang dibuat pada sepatu dirancang untuk mengurangi nyeri pada kaki dan, dalam beberapa kasus, untuk menyembuhkan orang sakit tanpa intervensi medis sepenuhnya.
  • Sensor, yang diproduksi oleh Ormyx, membantu orang dengan neuropati perifer, yang mengurangi kepekaan kaki, untuk mengendalikan penyakit mereka. Sistem peringatan pasien tentang tekanan kaki yang berlebihan.

Melalui perkembangan tersebut, data yang dapat dipercaya mengenai kondisi pasien dapat ditangkap secepat mungkin dan perawatan yang tepat diberikan. Menggunakan platform blockchain memungkinkan Anda untuk berbagi dan mendiskusikan parameter biometrik Anda dengan spesialis medis kecerdasan buatan.

Pemantauan pasien jarak jauh

Sensor khusus yang dikembangkan oleh UCB dan Byterfils – Sensor Pot – memberi tahu pasien serangan epilepsi yang akan datang. Pada tahun 2017, Band Aid merilis sebuah band kecil yang menempel pada tubuh dan terhubung tanpa kabel ke jaringan. Alat ini mentransmisikan data kesehatan ke cloud, dan dapat digunakan di daerah yang sulit dimana sulit untuk mendapatkan perawatan medis dengan segera.

IoT dapat digunakan untuk transportasi cepat darah dan obat-obatan, dengan drone khusus yang segera beradaptasi dengan tantangan. Sistem operasi robotik sekarang mulai beroperasi, dengan hampir 500 intervensi bedah yang penuh keberhasilan.

Blockchain dan IoT – apa yang mereka miliki bersama?

Blockchain adalah database yang diperluas yang dapat diakses oleh semua orang. Tidak ada elemen terpusat dalam sistem yang dapat mempengaruhi pengelolaan dan pengoperasian blockchain. Blockchain dapat digunakan untuk melestarikan dan melindungi data dalam domain IoT. Proyek CREDITS memiliki karakteristik teknis yang unik yang membuat platform ini sesuai untuk digunakan dengan IOC, terutama sektor medis.

Dalam DLT blockchain CREDITS dapat menciptakan layanan yang sepenuhnya independen, terdesentralisasi dan terpisah di dalam blockchain menggunakan fitur canggih dan kontrak cerdas baru. Platform ini memiliki kemampuan teknologi jaringan baru, dengan kecepatan tinggi dan biaya transaksi rendah. Algoritma baru mencapai sejumlah besar transaksi per detik dengan komisi transaksi minimal. Hingga 1 juta transaksi per detik, kemungkinan akan menjadi satu-satunya yang memiliki kemampuan ini di pasar.

CREDITS blockchain mendukung jaringan publik dan private, memiliki penyimpanan terdesentralisasi dan kode sumber tertutup. Beberapa cara menggunakan IoT di platform ini untuk memperbaiki sistem kesehatan:

  • Dengan cepat menerima dan menganalisis informasi kesehatan pasien dari data yang dikirim oleh perangkat dan chip pada bagian tubuh yang ditransplantasikan.
  • Pasien menerima perawatan secara private berdasarkan informasi biometrik, ditransmisikan dari perangkat digital.
  • Memastikan pemantauan dan pengelolaan aset medis.
  • Berinteraksi dengan keseluruhan sistem kesehatan dengan menghubungkan blockchain perangkat medis individual.

Dengan menggunakan teknologi inovatif ini, adalah mungkin untuk memperbaiki keseluruhan kualitas pasien, untuk melacak bagaimana peralatan digunakan, dan memberikan bantuan ke rumah kepada pasien. Blockchain secara harfiah dapat menyelamatkan nyawa dengan memastikan bahwa pasien dengan cepat dan tepat untuk menerima pengobatan.

oleh Merkusheva Darya

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer