Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$6,476.00
0.24%
Ethereum (ETH)
$205.63
1.02%
Bitcoin Gold (BTG)
$26.45
1.75%
XRP (XRP)
$0.459097
0.99%
EOS (EOS)
$5.39
0.86%
Harga Bitcoin Turun Sebanyak 5% Karena Rumor Baru Stoke Perd...

Berita, Berita Bitcoin

Harga Bitcoin Turun Sebanyak 5% Karena Rumor Baru Stoke Perdagangan China

Setelah minggu hijau yang mendominasi (kenaikan), harga bitcoin jatuh kembali hari ini, jatuh sekitar 6% menurut sebuah laporan yang belum bisa konfirmasi kebenarannya mengenai regulator Cina yang akan segera mengambil langkah-langkah untuk membatasi kegiatan bursa pertukaran didalam negerinya.

Kabar ini pertama kalinya dipublikasikan oleh Bloomberg, sumber berita tersebut mengatakan telah menerbitkan sebuah laporan yang merinci bagaimana para pejabat China dengan segera melarang bursa pertukaran bitcoin domestik untuk bergerak pada volume tertentu dalam bitcoin dan mata uang digital lainnya kebursa pertukaran luar negeri.

Baca juga: Bagaimana Media Memandang Digital Currency

Artikel tersebut menekankan, adanya kekhawatiran bahwa pengguna bursa pertukaran bitcoin dapat membeli bitcoin di bursa lokal dan menjualnya ke bursa luar negeri, sehingga menghindari aturan devisa.

Pada saat publikasi, artikel tersebut tidak tersedia secara online, meskipun dikutip/disebutkan oleh outlet berita lainnya termasuk Sina dan ZeroHedge.

Mengenai masalah harga, harga bitcoin mengalami penurunan mulai pukul 15.00 UTC, nampaknya bertepatan dengan penyebaran berita di atas di media sosial. Sehingga harga berfluktuasi secara liar selama masa perdagangan di hari ini, naik ke posisi tinggi $ 744 dan jatuh ke titik terendah $ 677.

Namun jika kita mengingat ketidakpastian akan berita tersebut, beberapa analis mengatakan pasar kemungkinan menggunakan laporan tersebut sebagai kesempatan untuk memanfaatkan kepanikan pasar yang tertunda.

Adamant Research Tuur Demeester mengatakan kepada salah satu media online besar CoinDesk:

“Ini salah satu hal di mana artikel sebagai berita yang benar-benar menjadi sebuah alasan bagi para pedagang untuk menjual bukannya membeli.”

Analis lain melaporkan bahwa perilaku serupa bisa saja terjadi mengingat bahwa berita palsu tentang China telah sering digunakan atau dikaitkan dengan Bitcoin untuk mendorong aktivitas pasar yang spekulatif.

Mengingat sebuah komentar yang menyebabkan melambungnya harga bitcoin pada tahun 2013, dan setelahnya muncul berita bahwa China akan “melarang” mata uang digital yang berimbas pada penurunan pasar secara drastis.

“China secara efektif diibaratkan sebagai kotak hitam bagi kita di sini.”

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Harga Bitcoin Turun Sebanyak 5% Karena Rumor Baru Stoke Perdagangan China

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer