Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$6,475.36
-0.74%
Ethereum (ETH)
$204.08
-0.87%
Bitcoin Gold (BTG)
$25.95
-0.52%
XRP (XRP)
$0.451788
-1.58%
EOS (EOS)
$5.39
-1.18%
Harga Bitcoin Merosot Bersamaan Dengan Kasus Pencurian Bitco...

Berita, Berita Blockchain

Harga Bitcoin Merosot Bersamaan Dengan Kasus Pencurian Bitcoin Sebanyak 119.756 Di Bitfinex

Update: Pencurian 119.756 Bitcoin atau sekitar $ 65 juta pada kurs saat ini, telah dikonfirmasi kebenarannya.

Harga Bitcoin jatuh pada hari ini, sementara itu bursa pertukaran bitcoin bitfinex secara dramatis mengumumkan “gangguan keamanan” yang menyebabkan pencurian sejumlah bitcoin yang belum dikonfirmasi jumlahnya. Pertukaran USD/bitcoin terbesar ini mengumumkan untuk mematikan website dan perdagangannya untuk sementara waktu, jadi teringat akan MT GOX lagi nih… 🙁

Baca juga: Bitcoin Akan Hard Fork?

Kami sedang menunggu konfirmasi resmi dari Bitfinex akan jumlah bitcoin yang hilang, namun telah beredar rumor yang menyatakan bahwa 125.000 Bitcoin atau senilai hampir $ 100 juta yang telah dicuri  atau diretas. Kejadian ini disusul dengan adanya penurunan dip secara dramatis pada hari ini:

Untitled

Jika bukti tersebut menunjukkan kebenaran, ini akan menjadi sebuah kasus pencurian terbesar dalam ruang bitcoin setelah MT GOX. Kami tidak dapat mengkonfirmasi setiap detailnya. Hal ini tidak diketahui secara pasti bagaimana peretasan itu terjadi, terutama pada skala tertentu, atau jika rumor dan sedikit bukti yang kita miliki itu benar, mengingat bitfinex ini dianggap sebagai penggunaan dompet dingin/cold wallet. Selain itu, dari pemahaman kita, mereka menggunakan dua dari tiga multisig, dengan satu kunci yang dipegang oleh Bitgo. Namun saya pun masih banyak menduga dan belum berani berkesimpulan, sama sekali tidak ada kejelas berapa banyak jumlah bitcoin yang telah dicuri, siapa pencurinya atau ini adalah MT GOX generasi baru? Tidak ada yang tau akan hal ini…

Bitfinex telah mengalami banyak masalah selama beberapa bulan terakhir, yang mengarah ke pembekuan yang tak terduga dari perdagangan dalam setidaknya dua kesempatan, keduanya yang menyebabkan kecelakaan pada harga bitcoin hampir $ 100 dalam setiap kasus. Pernyataan resmi pada saat itu adalah bahwa mereka mempunyai beberapa masalah dengan server data mereka, dan mereka bekerja keras untuk mengatasinya, tetapi tidak ada laporan investigasi post-mortem yang diterbitkan sejauh ini.

Bitfinex bulan lalu juga dikenai denda CFTC $ 75.000 “atas penawaran ilegal off-exchange yang mendanai transaksi komoditas ritel dan gagal untuk mendaftar sebagai futures commission merchant,” pada awal Juni, Zane Tackett, Direktur Komunitas dan Pengembangan Produk di Bitfinex, membantah keras hubungan antara outages dan CFTC baik baik saja.

Kami akan menunggu lebih detailnya tentang pengumuman terbaru dari Bitfinex dalam beberapa hari mendatang dan mungkin bulan depan, terutama jika jumlah yang mengejutkan ini benar. Untuk saat ini kami meminta untuk tetap berhati-hati karena cerita ini masih berkembang dan belum pasti.

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Gambar via Shutterstock

Harga Bitcoin Merosot Bersamaan Dengan Kasus Pencurian Bitcoin Sebanyak 119.756 Di Bitfinex

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer