Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Halving Bitcoin Akan Memperkecil Peluang Inflasi dan Jauh Le...

Berita, Berita Bitcoin

Halving Bitcoin Akan Memperkecil Peluang Inflasi dan Jauh Lebih Berharga

465 hari lagi kita akan menghadapi halving Bitcoin dimana reward bitcoin akan berkurang menjadi 6.25. Pencapaian atau halving yang akan terjadi ini merupakan evolusi mata uang digital Bitcoin serta membuatnya memperkecil peluang untuk terjadi inflasi jika dibandingkan dengan sebagian besar target bank sentral saat ini.

Halving untuk Bitcoin berikutnya akan terjadi pada tanggal 24 Mei tahun depan 2020 menurut penghitung. Saat ini ada 17,5 juta Bitcoin yang sudah beredar dan lebih dari 83% telah ditambang/mining. Dengan desain Satoshi, blok reward akan terbagi dua setiap mencapai 210.000 blok, saat ini reward per block ada 12,5 BTC dan akan turun menjadi 6,25 BTC pada bulan Mei tahun depan.

Jadi apa arti sebenarnya halving untuk nilai Bitcoin? Saat ini terdapat 1.800 Bitcoin yang diproduksi setiap harinya dan tingkat inflasi tahunan mencapai 3,82%. Begitu halving terjadi, akan ada 900 Bitcoin yang diproduksi per harinya dengan tingkat inflasi tahunan sebesar 1,8%.

Dengan pengurangan keluaran produk dan keterbatasan suplai, Bitcoin akan segera menjadi cadangan kekayaan yang besar karena tingkat inflasi yang lebih rendah dapat mengurangi insentif bagi orang untuk membelanjakannya. Ada banyak grafik yang muncul mengenai tingkat epik dari inflasi dolar AS selama seratus tahun terakhir. Menurut situs web tersebut bahkan telah menyiapkan data atau bagan untuk menghitung daya beli USD, atau berapa banyak yang telah dikontrak, selama bertahun-tahun. Menurut indeks harga konsumen Bureau of Labor Statistics, harga pada tahun 2019 lebih dari 2900 % lebih tinggi dari harga pada tahun 1860 karena nilai greenback yang terus berkurang.

Sebaliknya, kebijakan moneter deflasi Bitcoin telah membuatnya dicap sebagai ‘hard money’ dalam kategori yang mirip dengan emas. Emas juga merupakan komoditas yang memiliki karakteristik inflasi yang sangat rendah sehingga menjadi aset cadangan global dengan kapitalisasi pasar sebanyak $ 7 triliun.

Sejumlah investor dan analis banyak yang berspekulasi mengenai kenaikan harga yang mengarah ke event halving dan mengantisipasi peristiwa ini. Melihat peristiwa halving sebelumnya pada tahun 2016 menunjukkan bullish pada tahun tersebut terjadi ketika BTC menembus $ 1.000 dari harga $ 430. Hal yang sama bisa berlaku untuk acara halving berikutnya pada tahun 2020 nanti.

Gambar diambil dari flickr

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer