Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Hacker Berhasil Mencuri Dana Sebanyak 2.5 Milyar Rupiah Dari...

Berita

Hacker Berhasil Mencuri Dana Sebanyak 2.5 Milyar Rupiah Dari Bursa Cryptopia

Beberapa hari yang lalu sebuah bursa yang berbasis di Selandia Baru, Cryptopia mengalami peretasan. Dan sampai saat ini sang peretas masih memiliki kendali atas bursa tersebut dan berpotensi untuk menguras semua dana yang ada di sana.

Firma analisis data Blockchain Elementus mengatakan dalam sebuah postingan blog pada hari Selasa bahwa sang peretas bursa Cryptopia, kembali berhasil mencuri 1.675 ether dari 17.000 dompet pengguna bursa tersebut – jika di rupiahkan berkisar 2.5 Milyar.

Cryptopia sempat melakukan penanganan untuk mengamankan dana pengguna yang tersisa, namun ether milik perusahaan tersebut malah dikirim ke alamat ethereum yang digunakan oleh hacker sebelumnya, kata perusahaan itu:

“Peretas memiliki kunci pribadi/private key dan dapat menarik dana dari dompet Cryptopia sesuka hati.”

Elementus juga mengatakan bahwa beberapa dompet pengguna terdapat beberapa transaksi deposit, hal ini menunjukkan bahwa tidak semua pengguna tahu tentang pelanggaran yang sedang terjadi di bursa tersebut.

“Sebagian besar dana berasal dari kegiatan mining yang dilakukan pengguna Cryptopia,” tambah perusahaan itu. “Nampaknya, deposit tersebut dikirim atas nama penambang yang memilih untuk menerima hadiah/reward mereka secara otomatis melalui ‘setoran langsung,’ dan melupakan kejadiaan ini.”

Pekan lalu, Elementus menerbitkan analisis lain yang menunjukkan bahwa sekitar 16 juta dolar dalam bentuk token ether dan ERC-20 telah dicuri dari dompet Cryptopia.

Hingga saat ini, bursa pertukaran tersebut belum merilis informasi tentang jumlah kerugian yang tengah dialaminya saat ini. Perusahaan tersebut telah offline pada 15 Januari 2019 setelah kejadian tersebut diketahui.”

Kepolisian Selandia Baru masih terus menyelidiki kasus ini, dengan menyatakan bahwa pihaknya masih menganalisis tentang kemungkinan-kemungkinan terkait peretasan tersebut.

Pada 22 Januari, polisi mengeluarkan update yang mengatakan pihaknya “memiliki kemajuan yang baik” dan “jalur penyelidikan positif sedang dikembangkan untuk mengidentifikasi sumber transfer, dan untuk mengidentifikasi ke mana cryptocurrency tersebut dikirim.”

Gambar

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer