Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Facebook Sedang Mencari Pendanaan Sebesar $ 1 Milyar Untuk P...

Berita, Berita Blockchain

Facebook Sedang Mencari Pendanaan Sebesar $ 1 Milyar Untuk Proyek Cryptocurrency-nya

Raksasa media sosial Facebook dikatakan sedang berusaha untuk mengumpulkan dana (outside funding) sebanyak satu milyar dolar untuk proyek cryptocurrency-nya.

Nathaniel Popper, seorang reporter teknologi di The New York Times, membuat tweet pada hari Senin mengatakan bahwa Facebook menargetkan “sejumlah besar dana- sebanyak $ 1Milyar” dari pemodal ventura untuk mendukung upaya stablecoin yang sedang mereka bangun saat ini. Perusahaan akan menggunakan dana tersebut sebagai jaminan untuk mendukung token-nya, menurut salah satu pegawai facebook pada sesi interview.

Sampai saat ini, komentar resmi mengenai hal ini belum dikonfirmasi oleh Facebook atau investor potensial.

Facebook telah mengembangkan stablecoin sendiri untuk transfer uang yang akan digunakan pada aplikasi WhatsApp, seperti diungkapkan pada Desember lalu. Stablecoin ini nantinya dapat ‚Äúdipatok ke beberapa mata uang asing yang disimpan di rekening bank,” lanjut Popper.

Facebook juga telah merencanakan untuk mendaftarkan stablecoin di bursa cryptocurrency, platform tersebut mengatakan pada bulan Februari bahwa mereka mengharapkan untuk mengeluarkan produk pada paruh pertama tahun 2019.

Sementara itu FB jauh dari kekurangan uang tunai, melibatkan investor luar dalam proyek stablecoin dapat membantu FB menghadirkan proyek cryptocurrency yang “lebih terdesentralisasi dan kurang terkontrol” dengan sendirinya, sumber Popper menyarankan. Perusahaan memiliki $ 44 milyar dalam bentuk tunai April 2018, menurut CNBC.

Awal tahun ini, analis Barclays Ross Sandler memperkirakan bahwa proyek cryptocurrency Facebook dapat menghasilkan pendapatan tambahan mulai dari $ 3 miliar hingga $ 19 milyar pada tahun 2021.

Raksasa media sosial membentuk tim blockchain pada Mei 2018, yang bertujuan untuk mengeksplorasi teknologi yang muncul. Sejak itu, perusahaan telah mencari perluasan tim dengan karyawan baru. Baru-baru ini memiliki lebih dari 20 posisi lowongan kerja yang terkait dengan blockchain, termasuk penasihat komersial utama.

Awal tahun ini, FB juga merekrut staf dari Chainspace, startup di belakang platform smart contract.

FB merupakan perusahaan besar yang kini sedang menjalankan proyek cryptocurrency yang nantinya akan menjadi stablecoin dan digunakan pada platform FB. Terobosan besar ini diharapkan akan mendorong adopsi massif cryptocurrency dan blockchain.

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer