Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Eksekutif Crypto Exchange di Korean UPbit Dituntut Karena Ka...

Berita

Eksekutif Crypto Exchange di Korean UPbit Dituntut Karena Kasus Penipuan

Para eksekutif UPbit, yang merupakan salah satu bursa pertukaran mata uang digital terbesar di Korea Selatan, secara resmi dituntut oleh jaksa penuntut di negara itu. Menurut laporan dari media besar CoinDesk Korea pada hari Jumat minggu ini, Kantor Jaksa Penuntut Umum distrik Seoul bagian selatan telah mendakwa tiga anggota staf senior, termasuk pendiri Song Chi-Hyung, atas tuduhan penipuan.

Para eksekutif itu dituduh melakukan transaksi penipuan pada bulan September hingga Desember di tahun lalu, menggunakan akun perusahaan yang palsu untuk membuat pesanan palsu senilai 254 triliun won (atau setara dengan $ 226,2 miliar) untuk menaikkan volume perdagangan dan menarik lebih banyak pelanggan ke bursa pertukaran tersebut.

Mereka juga dituduh menjual 11.550 bitcoin kepada pelanggan di bursa tersebut untuk meraup untung sebesar 150 miliar won (atau $ 133,8 juta) melalui transaksi palsu.

Namun, UPbit membantah tuduhan tersebut dan menyatakan bahwa, “Perusahaan menyediakan likuiditas ke akun perusahaan Perseroan untuk menstabilkan pasar perdagangan pada awal pembukaan layanan. Periode ini dari 24 September 2017 hingga 11 Desember 2017. ”Ia juga menambahkan bahwa akun perusahaan tersebut tidak memiliki fungsi penarikan.

Bursa tersebut juga menyatakan bahwa perusahaan “tidak mendapat manfaat keuntungan” selama proses ini, meskipun mereka mengakui telah melakukan beberapa transaksi lebih awal untuk tujuan pemasaran selama dua bulan. Hal tersebut tidak mempengaruhi pasar, UPbit mengklaim, mereka hanya mengucurkan sekitar 3 persen dari total volume pada saat itu.

Pada bulan Maret lalu, jaksa penuntut umum juga telah menggerebek kantor pusat UPbit di distrik Gangnam-gu, dengan menyita hard disk dan buku-buku akuntingnya. Dalam kasus tersebut Bursa pertukaran diduga melakukan penipuan karena menjual cryptocurrency yang sebenarnya tidak ada kepada pelanggan.

Gambar diambil dari pds.joins.com

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer