Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$6,489.64
-0.48%
Ethereum (ETH)
$204.10
-0.8%
Bitcoin Gold (BTG)
$26.04
-0.23%
XRP (XRP)
$0.453278
-1.24%
EOS (EOS)
$5.39
-1.08%
Dompet Fiat: Kunci Bitcoin Semakin Menjadi Mainstream?

Analisis, Berita, Berita Bitcoin

Dompet Fiat: Kunci Bitcoin Semakin Menjadi Mainstream?

Jack C. Liu adalah kepala internasional di OKCoin dan OKLink. Berbasis di Beijing dan sebelumnya memegang peran di Barclays Capital dan pertukaran bitcoin Kraken. Dalam artikel ini, ia mengeksplorasi apakah industri kripto harus mendorong dompet fiat, bukan dompet Bitcoin, jika ingin mata uang digital menjadi semakin mainstream.

Sejak bitcoin diperkenalkan pada tahun 2009, kami telah melihat upaya tanpa henti untuk membuatnya mainstream.

Upaya ini telah mendorong peluncuran dari ‘web dompet bitcoin termudah’ di dunia, ‘mobile wallet bitcoin termudah’, ‘multi-sig dompet’ dan ‘cara termudah untuk membeli Bitcoin’.

User interface telah meningkat dengan pesat. Kami sebagai masyarakat bahkan menghabiskan lebih dari satu tahun berdebat tentang ‘bit’ vs ‘bitcoin’ dalam upaya untuk membuat pemilik bitcoin baru merasa lebih kaya. Startups yang bertindak sebagai penjaga Bitcoin dari pelanggan mulai memasangkan iklan “kami sepenuhnya diasuransikan, kami memiliki bukti cadangan, kami memiliki lemari besi yang paling aman di dunia dan kami sepenuhnya berlisensi”.

Apa yang telah dicapai sejauh ini?

Orang bisa berargumen bahwa bukan pengarusutamaan bitcoin sebagai jaringan pembayaran, kami bukan mendorong spekulasi atas harga bitcoin.

Dalam beberapa tahun terakhir, sebagai volatilitas menjadi masalah dalam mengingat penurunan lebih dari 70% pada harga bitcoin, layanan merchant yang ditawarkan kemampuan pengecer untuk menerima uang fiat melalui jaringan bitcoin.

Sejauh ini, yang ditawarkan sebagai sedikit dari fitur side. Layanan ini mempertahankan dual mode yang memungkinkan pengguna menggunakan pilihan untuk menggunakan bitcoin sebagai front end (dompet bitcoin melalui jaringan bitcoin) atau (dompet fiat melalui jaringan bitcoin) back end.

Hal ini mirip dengan sebuah pompa bensin yang menawarkan inti layanan membeli dan menyimpan minyak, sementara memberikan layanan sisi opsional mengisi mobil Anda.

Tidak ada cara untuk saya meremehkan nilai jangka panjang bitcoin. Sebuah pendekatan yang berbeda terhadap penerapan pengarusutamaan jaringan tidak akan melemahkan fungsi ini, dan bisa sebenarnya memperkuatnya.

 

Tiga fungsi pengguna umum Bitcoin dunia

 

1. Memilih keluar dari sistem – menjadi bank untuk diri Anda sendiri

Layanan yang berkisar dari Blockchain.info, Mycelium, Breadwallet, Ledger Nano, LocalBitcoins, dll

 

2. Investasi pada aset bitcoin

Layanan berkisar dari pertukaran Bitcoin seperti OKCoin, alat investasi termasuk Bitcoin Investment Trust (GBTC), NASDAQ ETN, sampai paper wallet.

 

3. Menggunakan bitcoin sebagai jaringan pembayaran yang terbuka

Apa yang ajaib tentang bitcoin adalah bahwa hal itu dapat menjadi ketiganya. Ia bahkan bisa menjadi seratus hal yang lebih. Namun, jika kita ingin mempercepat proses bitcoin menjadi mainstream, ada alasan yang baik untuk fokus pada penguatan fungsi ketiga – jaringan pembayaran universal.

 

Menjadikan semua ini sebagai pertimbangan, itu adalah pikiran saya bahwa mungkin perusahaan harus mempertimbangkan dompet fiat sebagai satu-satunya pilihan bagi konsumen dan pedagang, atau setidaknya pilihan default.

Bayangkan membuat pembayaran mikro untuk siapa saja yang menggunakan layanan apa pun secara langsung dan gratis, dalam mata uang pilihan Anda tanpa risiko counter-party sistemik. Itu sesuatu yang dapat kita gunakan semuanya.

Semakin rel pembayaran bitcoin diterima, semakin banyak mereka yang tinggal di bitcoin dan mereka yang berinvestasi di bitcoin aset akan lebih menjadi menguntungkan.

 

 

Gambar

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer