Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$5,597.90
1.08%
Ethereum (ETH)
$175.85
0.99%
Bitcoin Gold (BTG)
$26.88
1.3%
XRP (XRP)
$0.50
7.47%
EOS (EOS)
$4.64
2.51%
Dash Meningkatkan Block Sizenya Saat Pendiri Mengkonfirmasi ...

Berita, Berita Altcoin

Dash Meningkatkan Block Sizenya Saat Pendiri Mengkonfirmasi Transaksi Instan

Sebagai mata uang digital nomor 3 dalam sistem pembayaran konsumen di belakang Bitcoin dan Litecoin, Dash sedang berada dalam sorotan karena baru saja melipatgandakan blocksizenya (dari 1MB ke 2MB) beberapa saat yang lalu.

Keterangan lebih lanjutnya, mata uang alternatif ini menegaskan keunggulannya dari Bitcoin dalam beberapa hal, contohnya: mempermudah perdagangan diantar individu karena fitur transaksi instan yang dimilikinya; sebuah struktur pemberian rewards yang termasuk juga di dalamnya adalah bagian untuk membiayai pengembangan jaringan dan mendistribusikan tata kelola Dash kepada khalayak yang lebih luas yang termasuk di dalamnya adalah sistem voting instan kepada para pemangku kepentingan yang menjalankan sebuah node dengan nilai 1,000 Dash atau lebih.

Dalam pembicaraan CCN dengan pendiri Dash Evan Duffield yang menyaksikan proyeknya telah berusia dua tahun pada tahun ini.

Sekarang Dash berusia dua tahun. Selamat. Bagaimana perasaan anda menyambut hal ini?

Terima kasih, dua tahun ini benar-benar menarik untuk proyek ini. Kami berpikir bahwa kami telah menghasilkan kemajuan-kemajuan yang jumlahnya luar biasa dari awal mula proyek ini, mulai dari mengimplementasikan fitur-fitur penting seperti transaksi instan, privasi, juga menciptakan ekosistem yang lebih lestari dengan implementasi sebuah program pemberian insentif untuk sebuah full node. Tetapi mungkin hal yang paling menarik adalah pembentukan sebuah group terdesentralisasi yang terdiri dari orang-orang dari berbagai belahan dunia yang mampu berkerja sama secara terorganisir dan dengan model tata kelola yang terdefinisi dengan baik.

Jika anda akan mengulang pengembangan Dash dari awal, apa perubahan yang akan anda lakukan dengan pengalaman yang sekarang anda miliki?

Kami telah melakukan banyak hal dalam proyek ini dengan benar dan kami merasa beruntung memiliki ekosistem yang berkembang. Tetapi, jika saya akan mengulang proyek ini dari awal lagi, saya akan mengumpulkan codebase yang telah dites secara lebih menyeluruh. Pada awalnya saya memulai proyek Dash sebagai sebuah hobi, hal ini menyebabkan kami menemui beberapa kendala teknis pada awal dan selama tahun pertama, tetapi orang-orang sangat menerima misi utama kami, sehingga dengan cepat proyek ini berubah menjadi proyek purna waktu dan sebuah komunitas pendukung yang kuat tumbuh di sekitar proyek ini.

Walaupun demikian, memang mudah untuk memahami suatu hal yang telah terjadi dan saya cenderung percaya bahwa semua tantangan yang telah diselesaikan oleh proyek ini sungguh membantu kami mengolah model pengembangan kami.

Dapatkah anda memberikan penjelasan mengenai perbedaan mendasar dari Dash dan Bitcoin?

Proyek Dash adalah sebuah fork (pengembangan program baru yang kode sumbernya diambil dari program lain) dari Bitcoin, yang mengizinkan kami untuk memiliki semua fungsi dan software hebat yang dimiliki proyek mereka, seperti software mining pool, client-client ringan, dan semua bagian dari software yang memungkinkan ekosistemnya berjalan.

Tetapi, perbedaan paling mendasar adalah dalam Bitcoin seratus persen dari block rewards didedikasikan ke mining dan dalam Dash kami percaya ada bagian-bagian lain dari jaringan yang penting untuk didukung secara langsung dari subsidi blockchain, jadi kami membagi rewards antara miners, full nodes, dan persentasi kecil diberikan ke tata kelola terdesentralisasi untuk menjaga jaringan terbiayai sendiri dan bebas.

Di jaringan Bitcoin, full nodes berjalan sepenuhnya oleh para surakelawan dan software Bitcoin juga tidak membedakan node-node yang ada dalam jaringan. Masalah timbul dari hal ini karena seiring meningkatnya lalu lintas dalam jaringan, beberapa sukarelawan memutuskan bahwa biaya yang dibutuhkan untuk memberikan bandwidth jaringan terlalu besar dan akhirnya pergi. Hal ini dapat menyebabkan sentralisasi karena hanya perusahaan-perusahaan besar yang memiliki sumber daya untuk terus mengoperasikan node-node ketika biaya yang diperlukan meningkat.

Namun, jaringan Dash dengan lapis keduanya memberikan jaringan kemampuan untuk membayar full nodes kami, menyediakan node-node permanen yang kuat. Seiring dengan bertumbuhnya jaringan kami, para pengelola lapis kedua kami akan menghasilkan uang lebih banyak karena mereka memiliki bagian di mining reward.

Dibangun di teknlogi ini, kami menciptakan kemampuan untuk melakukan transaksi secara instan dalam jaringan kami yang akan memberikan konfirmasi dalam 1-4 detik. Dengan teknologi ini, kami telah membangun suatu tipe ekonomi e-commerce terdesentralisasi.

Apa saja fitur-fitur Dash yang saat ini masih tidak dikenal?

Dari percakapan kami dengan banyak orang di bidang ini, kami menemukan bahwa sebagian besar dari komunitas bitcoin tidak mengerti tata kelola dan sistem pendanaan kami. Dengan memberikan hak voting kepada para pengelola masternode, jaringan kami dapat menentukan masa depannya dan memberikan para pemangku kepentingan kemampuan untuk menginvestasikan penghasilannya kembali di dalam jaringan dan memperluas ekosistem. Dalam 4 bulan terakhir sejak kami memiliki sistem ini, kami telah sering menggunakannya, contohnya untuk berpartisipasi dalam konferensi-konferensi untuk meningkatkan kesadaran orang-orang akan proyek ini, membiayai pengembangan dan integrasi-intergasi penting ke jasa-jasa yang telah ada dalam industry ini.

Apa opini anda tentang debat blocksize Bitcoin?

Menurut saya debat tentang ukuran blocksize bersifat fundamental dan berasal dari fakta bahwa full nodes tidak memiliki insentif untuk membiayai biaya-biaya lain yang berasal dari block-block yang lebih besar. Maka ada rasa takut yang beralasan di dalam komunitas Bitcoin yaitu meningkatnya block size akan berakibat ke sentralisasi jaringan.

Mungkin salah satu solusi adalah implementasi program insentif full node sebelum meningkatkan block size untuk memberikan peluang kepada para pengelola independen untuk terus lanjut menjalankan node-node setelah ukuran block-block menjadi lebih besar.

Sistem tata kelola kami dirancang untuk situasi seperti ini, dimana tidak ada jawaban yang tepat dan tidak ada orang yang dapat menghasilkan kesepakatan. Jika anda memiliki jaringan dengan sistem voting untuk para operator dengan cara yang dapat dibuktikan, kita dapat memotong beberapa faktor manusia dan sosial yang terkadang mempersulit proses pengambilan keputusan. Hal ini menyebabkan mata uang kami mudah bereaksi dan mengimplementasikan solusi-solusi atas masalah-masalah yang ada saat ini atau di masa yang akan datang.

Terkait dengan ukuran block, apakah anda bersedia membagi pengumuman besar anda.

Agar sukses, anda harus belajar dari pengalaman orang lain dan sudah jelas juga jika jaringan-jaringan mata uang digital menjadi semakin besar yang menyebabkan semakin sulit pula untuk menghasilkan perubahan, maka dari itu kami mengambil keputusan untuk bersiap-siap akan hal yang kami anggap titik kritis perkembangan dalam mata uang kami. Kami ingin fokus dengan menyediakan transaksi-transaksi instan dan kecil dalam ruang baru yang benar-benar bersifat e-commerce terdesentralisasi dalam beberapa tahun ke depan, yang dapat berdampak dengan pertumbuhan secara ekponensial, dengan cepat melampaui terbatasnya ukuran blocksize kami sekarang ini, seperti yang terjadi di jaringan Bitcoin. Dengan meningkatkan ukuran blocksize ke 2MB, kami memberikan waktu untuk kami untuk mempersiapkan software ini untuk pertumbuhan lebih lanjut, jadi ketika pertumbuhan eksponensial terjadi kami sudah siap.

Seberapa cepat anda dapat memperkiran hasil voting dan apakah anda melihat kontroversi atas hasil voting tersebut?

Proses voting selesai dalam waktu 24 jam, dengan 2156 ya dan 4 tidak! Hal ini sungguh luar biasa dan kami sungguh bahagia melihat sistem voting kami berjalan dengan sangat efektif. Tidak ada kontroversi atas diambilnya keputusan ini, tetapi anda harus ingat bahwa keputusan ini bukanlah keputusan yang sulit untuk jaringan Dash karena full node-full node kami telah mendapat bayaran dan mereka memiliki dana untuk meningkatkan sumber daya jaringan mereka sebagai konsekuensi dari perubahan-perubahan ini dan tetap mendapatkan keuntungan.

Jika ada, apa saja hal yang perlu diperhatikan, yang dihadapi Dash saat ini?

Satu hal yang perlu diperhatikan saat ini adalah mengubah software yang ada untuk menawarkan fitur yang lebih baik atas beberapa complain dari pengguna kami dengan implementasi transaksi instan yang kurang dapat diakses melalui command line API. Kemudian, kami juga mendapat umpan balik bahwa fitur privasi kami terbilang lamban dan dapat ditingkatkan. Kami berencana untuk mempersiapkan waktu untuk melihat kembali fitur-fitur tersebut dan menambahkan fungsionalitas yang dibutuhkan oleh pengguna kami.

Apa saja tujuan jangka pendek Dash?

Dalam jangka pendek kami akan berhenti sejenak dari pengembangan Dash Evolution, yang berupa penambahan yang bersifat user-friendly ke produk kami dan lebih fokus ke v12.1 dan meningkatkan kualitas fitur-fitur yang sudah ada. Mengenai Dash Evolution anda dapat membaca lebih lanjut pada dash.org/evolution.

Apakah visi awal untuk Dash dan seberapa dekat atau jauh anda darinya? Apakah tujuan-tujuan yang telah berubah dalam dua tahun lalu?

Ketika saya menemukan Bitcoin, saya terkejut dengan banyaknya hal yang dapat anda lakukan dengan mata uang kriptografi. Bitcoin memilih satu inti tunggal, yang memberikan cara stabil untuk memindahkan transaksi-transaksi bernilai tinggi dalam blockchain, tanpa fokus lain seperti transaksi instan, privasi, atau tata kelola jaringan. Awalnya saya ingin membuat sebuah alternatif hanya untuk mengetahui apa yang dapat anda lakukan dengan mata uang kriptografi dan melihat apakah para pengguna di internet ingin menggunakan suatu produk seperti yang saya rancang, dan hasilnya mereka benra-benar ingin produk seperti ini. Sejak itu, saya melangkah untuk melihat model-model pembagian insentif yang digunakan dalam dunia Bitcoin untuk para kalangan yang berbeda, seperti bursa, penjual, pengguna, pengembang, sukarelawan, dan pengelola full-node. Hal ini memberikan banyak ide kepada saya tentang bagaimana cara membuat pengalaman inklusif dimana semua orang dalam mata uang ini lebih termotivasi, yang menyebabkan Dash makin mudah diurus, mudah dibiayai, dan bahkan didukung oleh infrastruktur yang lebih unggul.

Apakah anda melihat diri anda sebagai saingan Bitcoin? Dimana Bitcoin harus berhasil/gagal, agar Dash berhasil?

Kami merasa seluruh ruang altcoin sebagai suatu tempat yang luas dengan inovasi yang sangat banyak, seperti Dash yang fokus di transaksi instan, Etherium yang fokus pada smart contract, dan Bitcoin sebagai mata uang cadangan dunia mata uang digital. Kurang lebih bitcoin berlaku sebagai dollar US jika dibandingkan dengan mata uang lain di dunia, memiliki posisi mata uang cadangan dunia. Dengan cara ini, semua proyek yang ada dapat menempati posisi masing-masing dalam ruangan dan memberikan fitur-fitur baru yang tidak ada sebelumnya, sehingga menciptakan pekerjaan dan ekonomi yang berkembang.

Jadi kami tidak merasa proyek Dash sebagai competitor dari Bitcoin dan kami percaya kami dapat hidup bersama dalam harmoni. Jika Dash berhasil, kami juga dapat mengambil banyak tekanan pada blockchain Bitcoin, dengan memindahkan sebagian besar dari transaksi-transaksi kecil darinya. Hal ini mungkin dapat memberikan waktu yang dibutuhkan oleh proyek Bitcoin untuk menemukan solusi yang lebih baik dari turunnya jumlah full-node, yang telah mengganggu proyek ini sejak beberapa waktu, yang menyebabkan full-node full-node yang ada disediakan oleh perusahaan-perusahaan tersentralisasi yang mempertaruhkan dana yang berjumlah besar dalam Bitcoin.

Apakah ada fitur-fitur lain yang anda ingin tingkatkan di 2016 yang dapat anda ungkapkan ke pembaca kami?

Akan ada versi transaksi instan yang lebih baik, yang dapat diintegrasikan dengan semua hardware atau software. Kami juga memiliki sebuah purwarupa mesin penjual soda dengan transaksi instan, yang telah kami kerjakan dan kami juga berencana untuk mengeluarkan instruksi yang sangat jelas mengenai bagaimana menggunakan teknologi ini dan menerapkannya ke semua segala aplikasi dunia nyata. Proyek Dash sungguh menarik dan kami menciptakan kemajuan yang sungguh banyak, untuk mengenal kami lebih lanjut dan apa kami ini, kunjungi dash.org

Gambar yang disajikan diambil dari Shutterstock.

Berita Asli : https://www.cryptocoinsnews.com/dash-increases-its-block-size/

Dash Meningkatkan Block Sizenya Saat Pendiri Mengkonfirmasi Transaksi Instan

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer