Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.41
0.72%
Ethereum (ETH)
$89.82
1.06%
Bitcoin Gold (BTG)
$11.84
1.34%
XRP (XRP)
$0.305191
0.81%
EOS (EOS)
$1.94
4.59%
Dalam Sehari 82.000 Transaksi Bitcoin Belum Juga Mendapat Ko...

Berita, Berita Bitcoin, Edukasi

Dalam Sehari 82.000 Transaksi Bitcoin Belum Juga Mendapat Konfirmasi

Pada tanggal 29 April, Bitcoin mempool, area holding untuk transaksi yang belum dikonfirmasi dan tertunda, mencatat lebih dari 82.000 transaksi masih belum mendapat konfirmasi. Sebagian besar transaksi ini tertunda hingga 48 jam.

bitcoin

Baca juga: Apa Yang Harus Diketahui Oleh Para Trader Bitcoin Mengenai Analisis Fundamental

Ketika transaksi Bitcoin ditandatangani dan dikirim ke jaringan, ini pertama kali diverifikasi oleh node jaringan Bitcoin. Begitu transaksi berhasil melewati tahap pertama verifikasi, maka pada saat yang sama mempool menunggu konfirmasi dari para penambang. Setelah beberapa konfirmasi dari penambang Bitcoin ini diterima, transaksi tersebut akan disiarkan ke Blockchain publik Bitcoin.

Dalam tahap verifikasi kedua, penambang akan memprioritaskan transaksi dengan biaya yang tinggi. Agar transaksi cepat mendapat konfirmasi, pembuat transaksi akan melampirkan biaya yang lebih tinggi untuk memberikan insentif kepada para penambang. Hingga kini para penambang pun cenderung untuk memprioritaskan transaksi dengan biaya yang lebih tinggi dan menyiarkannya ke jaringan.

Saat ini, ukuran blok Bitcoin masih terbatasi dengan ukuran satu MB. Menurut Blockchain.info, ukuran blok rata-rata pada 29 April adalah 927 KB, yang sangat dekat dengan kapasitas maksimum satu blok ukuran blok milik Bitcoin.

bitcoin-1

Fee Market Pada Bitcoin

Meningkatnya sejumlah transaksi pada ukuran blok Bitcoin yang masih kecil ini menyebabkan tertundanya sejumlah besar transaksi dalam mempool dan meningkatkan fee market. Dalam kasus ini, fee market mengacu pada ekosistem dimana pengguna bersaing untuk menambahkan biaya yang lebih tinggi agar transaksinya dapat dikonfirmasikan pada tingkat yang lebih cepat.

Sampai solusi masalah jaringan Bitcoin seperti Segregated Witness milik Bitcoin Core, Pembesaran Ukuran Blok dari Andrew Lee dan Pengaktifan Bitcoin Unlimited untuk meningkatkan kapasitas Blockchain Bitcoin, fee market ini akan terus ada dan mungkin akan lebih besar lagi biayanya.

Untuk memastikan bahwa penerima transaksi tidak mengalami masa konfirmasi panjang yang bisa berkisar hingga 72 jam, penting untuk memanfaatkan platform dompet Bitcoin dengan perkiraan perkiraan biaya yang sesuai.

Platform dompet Bitcoin terpopuler di dunia

Blockchain, platform dompet Bitcoin paling populer di dunia ini memiliki pengguna sebesar 12 juta pengguna, Blockchain juga memiliki fitur perkiraan biaya yang akurat yang memungkinkan pengguna untuk memprediksi kapan transaksi ini akan dikonfirmasi.

Misalnya, bila ada biaya yang terpasang, Blockchain akan menyediakan jangka waktu tertentu kepada penggunanya, seperti 10 menit sampai satu jam, sampai konfirmasi pertama diamankan. Setelah konfirmasi pertama ini diamankan, diperlukan sekitar 10 menit untuk konfirmasi tambahan. Dalam Blockchain, tiga konfirmasi merupakan sebuah standar konfirmasi untuk semua penggunanya.

Ada berbagai platform inovatif seperti 21 Inc Bitcoin Fee yang memungkinkan pengguna menemukan biaya transaksi optimal untuk transaksinya. Karena biaya transaksi yang optimal dapat bervariasi tergantung pada banyaknya variabel seperti ukuran transaksi, 21 Fee menekankan 140 satoshis/byte adalah biaya optimal untuk transaksi Bitcoin.

Rata-rata, ukuran transaksi Bitcoin adalah 226 byte. Dengan demikian, biaya $ 0,4 akan memungkinkan bagi pengguna untuk mengamankan konfirmasi pertama dalam waktu 10 menit.

Dompet Samourai, platform dompet Bitcoin ini berfokus pada privasi, saat ini bekerja untuk merilis versi lengkap aplikasinya oleh Peter Todd, yang memungkinkan penerima untuk menambahkan biaya di atas biaya awal yang diberikan oleh pengirim untuk mempercepat proses konfirmasi.

Gambar: flight-control

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Dalam Sehari 82.000 Transaksi Bitcoin Belum Juga Mendapat Konfirmasi

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer