Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$6,476.44
-0.66%
Ethereum (ETH)
$203.96
-0.91%
Bitcoin Gold (BTG)
$25.93
-0.58%
XRP (XRP)
$0.451833
-1.51%
EOS (EOS)
$5.39
-1.0%
Cyptocurrency Ditetapkan Sebagai Komoditas Oleh CFTC

Berita

Cyptocurrency Ditetapkan Sebagai Komoditas Oleh CFTC

Hakim federal US memutuskan bahwa cryptocurrency memenuhi definisi komoditas dalam kerangka peraturan Commodities and Futures Trading Commission (CFTC) AS.

Belum lama ini CFTC AS mengajukan gugatan terhadap pengusaha teknologi Randall Crater dan perusahaan yang ia dirikan pada bulan Januari. Badan tersebut telah menuduh bahwa terdakwa melakukan penipuan sebesar $ 6 juta terhadap orang-orang yang ingin membeli mata uang digital yang disebut My Big Coin.

Diduga, My Big Coin Pay Inc., menyalahgunakan investor dengan menamai cryptocurrency mereka dengan cara yang terdengar sangat mirip dengan Bitcoin (BTC). Terlebih lagi, perusahaan juga mengklaim bahwa koinnya tersebut didukung oleh emas.

Hakim dari Distrik Boston Rya Zobel memutuskan pada hari Rabu bahwa My Big Coin, pada kenyataannya, memenuhi definisi komoditas di bawah Undang-Undang Commodity Exchange.

Jika dinalar My Big Coin dan Bitcoin kurang lebih dapat dikategorikan sebagai mata uang virtual. Dia juga berpendapat bahwa Bitcoin futures saat ini diperdagangkan di bursa AS dan, dengan ekstensi, pengawasan CFTC mencakup mata uang virtual lainnya – termasuk My Big Coin. Dalam putusan hakim menyatakan:

Itu cukup, terutama pada tahap permohonan, karena penggugat menuduh bahwa My Big Coin adalah ‘komoditi’ di bawah Undang-Undang terkait.

Sekuritas atau Komoditas

Topik mengenai cryptocurrency di AS dianggap sebagai sekuritas atau komoditas telah dibahas secara luas. Regulator yang berbeda tampaknya memiliki pendekatan atau definisi yang berbeda pula. Terlebih lagi, berbagai jenis cryptocurrency akan mendorong peraturan yang reaktif.

Komisi Sekuritas dan Bursa (Securities and Exchange Commission) saja mengatakan bahwa mereka tidak menganggap Bitcoin (BTC) dan Ether (ETH) sebagai sekuritas.

Gambar

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer