Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$6,473.53
-0.73%
Ethereum (ETH)
$204.29
-0.78%
Bitcoin Gold (BTG)
$26.01
-0.36%
XRP (XRP)
$0.452557
-1.36%
EOS (EOS)
$5.41
-0.7%
Bitmain Luncurkan Antminers 7 nm, Rig Mining Yang Paling Efi...

Berita, Berita Pertambangan/Mining

Bitmain Luncurkan Antminers 7 nm, Rig Mining Yang Paling Efisien

CEO Bitmain, Jihan Wu, telah mengumumkan bahwa Bitmain telah mengembangkan chip 7 nm untuk Miner Bitcoin, dan berencana merilis seri baru Antminers yang menggunakan chip baru ini. Transistor 7 nm adalah transistor terkecil yang pernah digunakan untuk penambangan Bitcoin sejauh ini dan telah diintegrasikan ke dalam rig oleh perusahaan Jepang GMO Internet dan Triple-1. Peluncuran rig Mining Bitcoin 7 nm oleh Bitmain adalah berita utama, karena Bitmain adalah produsen rig pertambangan crypto terbesar, ini akan membuat 7 nm chip sebagai miner yang mainstream nantinya.

Chip Mining Bitcoin 7 nm mungkin merupakan chip Miner Bitcoin yang paling efisien yang pernah diproduksi, mereka menggunakan 0,042 W/GH, 16% lebih hemat konsumsi energi daripada chip 7 nm yang diproduksi oleh Triple-1 yang mengkonsumsi 0,05 W/GH. Bitmain mengatakan mereka mencapai efisiensi ini melalui struktur sirkuit yang unik dan teknologi daya rendah.

Ini akan menjadi peningkatan drastis bagi Antminers, karena saat ini, Antminers menggunakan chip 16 nm pada 0,1 W/GH. Antminer 16 nm yang lama menggunakan listrik 138% lebih banyak daripada Antminer 7 nm yang baru ini. Antminer 16 nm adalah rig mining paling dominan di dunia, sehingga Antminer 7 nm akan memperkuat dominasi Bitmain di industri pertambangan.

Pengumuman dari Bitmain datang sehari setelah Bitfury mengumumkan peluncuran chip Mining barunya 14 nm yang mengkonsumsi 0,055 W/GH. Efisiensi ini cukup mengesankan untuk chip 14 nm dan tampaknya dicapai melalui distribusi daya yang optimal, desain pendingin, dan kemasan silikon yang optimal. Namun, chip 14 nm baru Bitfury menggunakan energi 31% lebih banyak daripada chip 7 nm Bitmain yang baru. Hal ini menunjukkan bahwa ukuran transistor merupakan faktor dominan dalam efisiensi chip Miner.

Dengan Bitcoin mining difficulty/tingkat kesulitan mining Bitcoin yang saat ini menyentuh 7 triliun, chip Bitmain 7 nm masih akan menguntungkan bahkan jika harga Bitcoin menjadi $ 2.900 USD. Bahkan jika mining difficulty/tingkat kesulitan mining Bitcoin mencapai 15 triliun, peningkatan hash rate lebih dari 100%, chip 7 nm yang baru dari Bitmain ini masih tergolong menguntungkan.

Gambar

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer