Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$6,345.30
1.01%
Ethereum (ETH)
$209.37
5.81%
Bitcoin Gold (BTG)
$20.59
0.27%
XRP (XRP)
$0.324155
16.55%
EOS (EOS)
$5.07
4.45%
Bitcoin Bisa Saja Membuat Kartu Kredit

Berita, Berita Bitcoin

Bitcoin Bisa Saja Membuat Kartu Kredit

Menurut beberapa ahli keuangan, biaya transaksi Bitcoin memang lebih murah. Selain itu, Bitcoin melewati lembaga keuangan yang tidak perlu dan mahal di mana kartu kredit bergantung. Oleh karena itu, para ahli percaya bahwa keuntungan dari Bitcoin ini akan mendorong pedagang untuk mengganti kartu kreditnya dengan Bitcoin.

Biaya kartu kredit tinggi terus ditanggung oleh pedagang dan konsumen. Memang, pedagang membayar miliaran dolar untuk dapat memproses transaksi kartu.

Gagasan ide mengganti kartu kredit dengan Bitcoin semakin banyak dikemukakan oleh para ahli keuangan. Misalnya, Panos Mourdoukoutas, profesor, dan Ketua Departemen Ekonomi di Long Island University Post di New York, memperkirakan bahwa meningkatnya persaingan di sektor ritel dan tawaran Bitcoin dengan biaya transaksi yang lebih rendah dapat mendorong pedagang untuk mengganti kartu kredit dengan cryptocurrency. Memang, sebagian besar biaya yang dikenakan oleh penerbit kartu kredit dapat dihindari menggunakan cryptocurrency.

Untuk memperkuat poin ini, Mourdoukoutas mengutip Ian DeMartino, yang menulis dalam bukunya Bitcoin Guidebook: How To Obtain, Invest, And Spend The World’s First Decentralized Cryptocurrency: “Dari perspektif pedagang, Bitcoin memiliki keuntungan karena tidak memiliki biaya besar dari kredit perusahaan kartu yang memotong laba.” Dan DeMartino menjelaskan bagaimana kartu kredit mengambil keuntungan pedagang,

“Perusahaan kartu kredit biasanya mengenakan biaya antara tiga hingga empat persen untuk setiap transaksi, biaya yang biasanya diambil oleh pedagang itu sendiri. Untuk pedagang dengan margin keuntungan kecil, biaya itu bisa naik hingga setengah atau lebih dari keuntungan yang mereka dapat untuk setiap transaksi di kartu kredit.”

Ini tepatnya adalah salah satu masalah yang ingin disampaikan oleh pencipta Bitcoin dengan membuat pembayaran Bitcoin serupa dengan transaksi tunai. Satoshi Nakamoto menyoroti fitur ini dari cryptocurrency di whitepaper bitcoin: Sistem Cash Elektronik Peer to Peer:

Versi peer-to-peer electronic cash akan memungkinkan pembayaran online dikirim langsung dari satu pihak ke pihak lain tanpa melalui lembaga keuangan.

BITCOIN LEBIH CEPAT, LEBIH MURAH, DAN AMAN

Selain biaya transaksi yang terlalu tinggi yang dikenakan oleh penerbit kartu kredit, ancaman pengguna kartu kredit menjadi korban penipuan juga masih terus meningkat.

Meskipun kartu chip EMV telah membuat beberapa pembayaran lebih aman, para ahli memprediksi bahwa penipuan akan tetap menjadi masalah yang terus berkembang di masa datang.

Sekarang penerbit kartu kredit/credit card memvalidasi keuntungan menggunakan mata uang digital untuk pembayaran dan beberapa dari mereka mengambil sebuah tindakan nyata. Misalnya, pada 21 Agustus 2018, MasterCard memperoleh paten dari Kantor Paten dan Merek Dagang AS untuk metode untuk meningkatkan kecepatan transaksi cryptocurrency.

 

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer