Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$6,475.04
-0.14%
Ethereum (ETH)
$204.64
0.15%
Bitcoin Gold (BTG)
$26.70
2.12%
XRP (XRP)
$0.465401
2.52%
EOS (EOS)
$5.43
0.47%
Bisakah Bitcoin Hancurkan Sistem Perbankan global?

Berita, Berita Altcoin, Berita Bitcoin

Bisakah Bitcoin Hancurkan Sistem Perbankan global?

Di situs Nasdaq, Martin Tillier bertanya, “Bisakah Bitcoin Menghancurkan Sistem Perbankan global?

Tillier membayangkan “Kodak moment” bagi industri perbankan secara keseluruhan. Pada masa awal telepon genggam, hanya beberapa penggemar yang berani membayangkan bahwa ponsel yang dilengkapi dengan kamera bisa mengancam produsen kamera, namun Kodak terpaksa menyatakan pailit hanya beberapa tahun kemudian, pada tahun 2012.

Jawaban Tillier adalah ya, Bitcoin bisa melukai sistem perbankan dengan serius. Alasannya sangat sederhana:

“Jadi Bank digunakan untuk mengambil potongan setiap kali uang berpindah tangan, mereka tidak bisa membayangkan hidup tanpa aliran pendapatan tersebut.”

Biaya transaksi hanya sebagian kecil dari pendapatan bank, dan karena itu bank dapat bertahan hidup tanpa aliran pendapatan tertentu itu.

“[Transaksi penghasilan] adalah hanya beberapa uang bank yang memiliki nol risiko dan biaya yang sangat sedikit,” menurut Tillier. “Tidak ada risiko, dan hampir tidak ada biaya, dalam pengisian $ 30 untuk menerima transfer, terutama ketika bank mengambil tiga hari bunga uang yang dengan menunda pembayaran kepada Anda. Jika pendapatan yang dihapus atau bahkan berkurang secara serius, maka harus diganti, yang berarti bahwa proporsi yang lebih tinggi dari pendapatan bank akan datang dari pinjaman yang semakin berisiko atau perdagangan. “

Keuntungan unik dari teknologi blockchain di belakang Bitcoin adalah bahwa hal itu lebih cepat, lebih murah, dan transaksi yang transparan. Setiap transaksi bitcoin secara permanen dicatat dalam blockchain publik tamper-proof, yang dikelola oleh pengguna Bitcoin dengan biaya nol untuk bank. Fakta bahwa kita dapat mentransfer bitcoin langsung (dalam beberapa detik, atau beberapa menit menunggu transaksi yang akan dikonfirmasi oleh jaringan) ke sisi lain dari bumi ini, dengan biaya yang sangat rendah, menunjukkan bahwa biaya perbankan telah usang untuk praktek hal tersebut yang harus ditinggalkan. Bitcoin sangat Inovatif seperti “bank” Circle (yang tidak secara teknis bank, tetapi memainkan peran yang setara untuk klien) melakukan hal itu, dan mulai menawarkan transfer uang dengan murah dan cepat.

“[Bitcoin] mungkin menjadi ancaman bagi easy money bank, tapi itu tidak menimbulkan ancaman eksistensial ke sistem,” kata Tillier. “Reaksi bank untuk pengurangan easy money, di sisi lain, bisa menjadi cerita yang berbeda.”

Tentu saja, bank-bank tidak akan menyerahkan easy money mereka tanpa perlawanan. Barclays ‘CEO Antony Jenkins baru-baru ini membahas kekhawatiran di kalangan lembaga keuangan, sistem pembayaran yang lebih murah akan mulai merayu konsumen dan bisnis pelanggan mereka di tahun-tahun mendatang.

Dalam sebuah laporan terbaru yang berjudul “Digital Disruption – UK Banking Report,” Asosiasi Perbankan Inggris berpendapat bahwa Bitcoin merupakan ancaman bagi industri perbankan.

Namun, pemerintah negara lainnya tidak terlalu takut dengan Bitcoin sebagai ancaman terhadap perpajakan, mungkin karena mereka yakin akan kemampuan mereka untuk menganonimkan transaksi bitcoin dan melacak mereka kembali ke originator. Di Amerika Serikat, ada usulan untuk secara bertahap memperkenalkan pembayaran pajak dengan Bitcoin, yang akan merupakan pergeseran yang cukup radikal dari persepsi libertarian awal Bitcoin sebagai alat privasi keuangan.

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer