Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,413.29
-4.23%
Ethereum (ETH)
$88.33
-5.16%
Bitcoin Gold (BTG)
$11.73
-3.46%
XRP (XRP)
$0.299626
-2.49%
EOS (EOS)
$1.85
-9.05%
Biaya Transaksi Bitcoin Terus Meningkatkan: Hal Ini Berarti ...

Berita, Edukasi

Biaya Transaksi Bitcoin Terus Meningkatkan: Hal Ini Berarti Apa Untuk Sebuah Startup?

Seperti Adam Back dan Bruce Fenton yang memperdebatkan kemungkinan akan kenaikan biaya transaksi yang menjadi $ 20 hingga $ 100 – Bitcoin pada minggu ini, banyak orang yang membaca tweet mengenai hal tersebut dan tidak mempercayai akan hal tersebut.

Baca juga: Beberapa Alasan Mengapa Bitcoin Tidak Terjadi Bubble/Ledakan Dasyat

Meskipun tidak ada yang akan membantah bahwa kekekalan dan kemampuan untuk mengamankan jaringan merupakan kunci masa depan pada Bitcoin sebagai emas digital, kenaikan biaya transaksi ini mengubah landscape/pandangan pengguna awal, baik individu maupun dari segi bisnis.

Biaya transaksi rata-rata ini meningkat sebesar 155 persen pada Q1 2017. Bagan blockchain.info dibawah menceritakan bagaimana tarif di setiap transaksi itu sendiri semakin lama semakin meningkat:

btc-fee

Tapi apa yang akan terjadi pada perusahaan pemula yang mendirikan perusahaan mereka dengan menggunakan pembayaran Bitcoin pada saat biaya transaksi masih rendah?

Rhian Lewis melakukan sebuah wawancara pada dua pengusaha mengenai bagaimana perubahan yang cepat tersebut telah mempengaruhi usaha mereka.

Sheryl Carr, salah satu pendiri Quid Smart Vendor, solusi penjualan untuk para pedagang di seluruh dunia, tidak secara khusus melihat biaya tinggi ini sebagai masalah, terutama dalam hal biaya bank untuk pembayaran internasional.

“Banyak pedagang kami yang melakukan bisnis di destinasi internasional – oleh karena itu kami mengintegrasikan converter mata uang di daftar kami,” dia menjelaskan.

“Jadi sekali lagi, biaya bertransaksi dengan menerima mata uang asing dan menukar uang itu masih mungkin lebih tinggi atau setara dengan biaya transaksi “tinggi” pada Bitcoin – yang berarti menerima BTC masih merupakan hal yang kompetitif. Beberapa nilai tukar dari Cambio bisa mencapai 17 persen.”

Sebaliknya, Carr memandang keengganan konsumen untuk menghabiskan Bitcoin sebagai penghambat utama untuk maju.

“Sayangnya, kami melihat rendahnya penggunaan Bitcoin dari klien kami – Bitcoin benar-benar tidak memiliki daya tarik. Pedagang, seperti kita ketahui, tidak menerima Bitcoin, tapi terutama karena pelanggan tidak membelanjakannya. Percayalah – APAPUN pedagang dengan senang hati akan menerima Bitcoin jika seseorang bersedia membelanjakannya! Bukankah begitu? Menurut saya ini merupakan masalah konsumen daripada masalah dari pihak pedagang.”

Sebaliknya, startup yang mengkhususkan diri pada mikroprosesor Bitcoin mungkin tidak terpengaruh secara proporsional.

Neha Murarka yang merupakan seorang pendiri dan CEO dari smoogs.io, yang menawarkan solusi micropayment untuk pencipta konten digital.

“Kenaikan biaya transaksi Bitcoin saat ini secara dramatis mempengaruhi model bisnis kami,” katanya.

“Saya yakin banyak perusahaan yang produknya dibangun di sekitar Bitcoin dan menghadapi beberapa tantangan menarik, terutama yang menggunakan Bitcoin semata-mata sebagai cara pembayaran dari pelanggan mereka. Pada dasarnya dalam banyak keadaan, telah menjadi lebih murah untuk menerima kartu kredit atau debit. Efek ini bahkan lebih akut untuk pemula seperti kita yang bekerja dengan pembayaran bernilai kecil.”

Namun Murarka, seperti Carr, sangat ingin menekankan bahwa ini bukan hanya tentang biaya transaksi:

“Kita harus ingat bahwa Bitcoin tidak dibuat untuk menurunkan biaya transaksi, dan hal ini membuat kita untuk tetap berusaha terus dalam berinovasi dan menemukan cara menarik untuk menggunakan Bitcoin.”

Sementara itu inovasi sepertiLightning Network pada akhirnya dapat memberikan solusi bagi perusahaan yang menawarkan pembayaran kripto dengan biaya yang rendah, hanya sedikit yang menolak membangun bisnis pada platform yang berkembang pesat seperti membangun rumah pada pasir yang terus bergeser.

Satu hal yang pasti: perusahaan-perusahaan yang cukup ulet untuk beradaptasi, dan melihat manfaat Bitcoin secara jelas bahkan dalam ekosistem dengan biaya transaksi yang lebih tinggi, akan membuktikan bahwa mereka mampu bertahan dan berkembang bahkan di lingkungan yang paling menantang ini sekalipun.

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Biaya Transaksi Bitcoin Terus Meningkatkan: Hal Ini Berarti Apa Untuk Sebuah Startup?

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer