Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$6,487.13
-0.51%
Ethereum (ETH)
$204.32
-0.69%
Bitcoin Gold (BTG)
$26.12
0.02%
XRP (XRP)
$0.453627
-1.14%
EOS (EOS)
$5.39
-1.02%
Biaya Miner Transaksi Bitcoin Naik Kembali

Berita, Berita Bitcoin, Edukasi, Peraturan Dan Regulasi

Biaya Miner Transaksi Bitcoin Naik Kembali

Apakah Bitcoin menuju kuburannya sendiri? Lebih validnya, setiap hari biaya transaksi mata uang digital terus mengalami peningkatan karena jaringan Bitcoin yang penuh dan sesak. Bitcoin dianggap komunitas sebagai masa depan dari perekonomian global, yang memungkinkan untuk transaksi micro dan membuat remittance yang lebih baik. Semua ini bergantung pada satu properti dari Bitcoin  yaitu biaya yang rendah sekali sampai dianggap tidak ada biaya transaksi.

Baca juga: Mbit Casino Menaruh Hadiah Sebanyak 15 BTC Pada Turnamen Di Bulan Januari Lho!!

Komunitas Bitcoin yang sudah berkembang dan mulai menemukan lahan kini terdengar hanya janji-janji palsu saja. Berkat kurangnya solusi skalabilitas yang serius, jaringan cryptocurrency kini sudah dibanjiri transaksi yang belum dikonfirmasi dan menyebabkan keterlambatan. Transaksi rata-rata sekarang bisa ditempuh selama antara satu sampai dua belas jam untuk mendapatkan sebuah konfirmasi. Meningkatnya permintaan untuk penyelesaian transaksi yang lebih cepat juga menyebabkan kenaikan drastis dalam masalah biaya miner/penambang.

Biaya miner yang naik membuat Bitcoin tidak layak lagi untuk transaksi micro. Komunitas cryptocurrency, merasa tak berdaya mengenai situasi pada saat ini dan melampiaskan rasa frustrasinya di media sosial mengenai meningkatnya biaya transaksi. Dalam sebuah postingan yang baru di Reddit, salah satu pengguna mengeluh mengenai biaya sebesar 23 sen untuk menyelesaikan sebuah transaksi sebesar $ 3,74. Postingan orang tersebut telah menerima beberapa komentar dari orang lain yang mengeluh akan biaya transaksi dan penundaan pada Bitcoin blockchain. Beberapa anggota komunitas juga menyatakan pendapat mereka mengenai Ethereum dapat digunakan sebagai alternatif dari Bitcoin sebagai media transfer nilai.

Jika dilihat dari statistik Bitcoin pada MemPool yang menunjukkan lag konstan setidaknya ada 50.000 transaksi. Jumlah transaksi yang belum dikonfirmasi naik melampaui 400.000, menciptakan backlog yang besar. Pada tingkat ini, tanpa intervensi komunitas pengembang, Bitcoin bisa mulai kehilangan kepercayaan pengguna dan beralih ke cryptocurrencies lain. Dan lebih parahnya lagi kebanyakan orang nanti bisa mencari media lain yang jauh lebih murah daripada membuat transaksi melalui Bitcoin.

Sekarang, kita hanya bisa berharap agar komunitas pengembang muncul dengan beberapa perbaikan yang cepat yang setidaknya untuk sementara dapat menyelesaikan masalah transaksi pada jaringan Bitcoin. Berdoa saja ya….

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Sumber Referensi: Reddit

Biaya Miner Transaksi Bitcoin Naik Kembali

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer