Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$6,360.19
1.29%
Ethereum (ETH)
$211.40
7.25%
Bitcoin Gold (BTG)
$20.83
2.9%
XRP (XRP)
$0.328683
20.34%
EOS (EOS)
$5.13
5.8%
Bermain Aman – Dengan Tetap Mengunci Dompet Bitcoin An...

Analisis, Berita, Berita Altcoin, Berita Bitcoin

Bermain Aman – Dengan Tetap Mengunci Dompet Bitcoin Anda

Dalam beberapa hari terakhir, Bitcoin terkendala oleh penipuan dan hacks di mana banyak pertukaran Bitcoin di-hack dan bernilai jutaan dolar Bitcoin yang hilang karena kasus hacker. Untuk memahami besarnya pencurian Bitcoin, Anda tidak perlu mengingat MtGox. MtGox adalah pertukaran Bitcoin Jepang yang berbasis di Tokyo dan bertanggung jawab untuk lebih dari 70% dari seluruh transaksi Bitcoin di seluruh dunia. Pada awal 2014, MtGox adalah target beberapa serangan DDOS dan hacks di mana hacker mencuri lebih dari 750.000 Bitcoins yang bernilai hampir $ 575.000.000, yang mengarah pada jatuhnya Mount Olympusdari Bitcoin. Ketika sesuatu yang besar bisa jatuh, tidak ada jaminan bahwa seseorang tidak akan menyerang tumpukan bitcoin dan mencurinya.

Tidak seperti mata uang kertas, Bitcoin tidak didukung oleh Bank Sentral atau lembaga kliring yang dapat menangani, memantau dan/atau bertanggung jawab atas tuduhan penipuan atau pelanggaran pada jaringan Bitcoin. Semua faktor ini membuat hampir tidak mungkin untuk melacak dan memulihkan Bitcoins yang telah dicuri. Hal ini dapat di jadikan pelajaran bagi pengguna bitcoin lainnya untuk mengambil semua tindakan pencegahan yang diperlukan untuk mencegah pencurian tersebut.
Biasanya hacker menargetkan dan mencuri Bitcoin dari pertukaran dan dompet Bitcoin. Anda dapat menjaga Bitcoin Anda dengan mengikuti beberapa langkah sederhana, yang bisa menambahkan beberapa langkah tambahan saat melakukan transaksi, yang akan menyelamatkan Anda dari pencurian Bitcoin.
Aktifkan Dua Faktor Otentikasi untuk dompet Anda
Dengan mengaktifkan dua faktor otentikasi, Anda akan diminta untuk memasukkan One Time Password/Pin (OTP) saat mengakses dan melakukan transaksi di dompet Anda. Anda akan menerima OTP pada perangkat yang terdaftar dan ketika password yang dimasukkan sesuai dengan yang dihasilkan OTP maka transaksi anda dapat dilakukan dan dijamin akan aman dari segala ancaman hack, dan juga mencegah transaksi yang tidak sah.
Jangan mengizinkan browser untuk mengingat kredensial Anda
Praktek terbaik yang paling dasar untuk penggunaan internet berlaku juga untuk Bitcoin. Jangan pernah mengizinkan komputer untuk mengingat identitas dompet Anda ketika menggunakan perangkat yang dapat diakses oleh pihak lain.
Sebisa mungkin menggunakan fitur multisig
Fitur Multi-sig memerlukan transaksi bitcoin Anda agar bisa disahkan oleh beberapa pihak atau perangkat. Beberapa tanda tangan dapat datang dari berbagai pihak atau perangkat terpisah yang dimiliki oleh orang yang sama. Persetujuan dari semua pihak melengkapi kunci publik dibutuhkan untuk melakukan transaksi bitcoin. Anda dapat menggunakan salah satu dari banyak layanan dompet yang menawarkan fitur multisig.
Menjaga simpanan Bitcoin Anda di Cold Storage
Cara terbaik untuk menjaga Bitcoin Anda agar jauh dari hacker adalah dengan menjaganya agar tetap menjauh dari internet. Hal ini penting terutama jika Anda memiliki banyak Bitcoin. Anda dapat menyimpan sejumlah bitcoin yang diperlukan untuk transaksi secara langsung di dompet online dan menyimpan sisanya di perangkat penyimpanan eksternal seperti USB drive, paper wallet, physical bitcoin atau dompet hardware bitcoin offline.

Lebih baik aman daripada menyesal.

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer