Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$6,366.82
1.23%
Ethereum (ETH)
$211.10
6.2%
Bitcoin Gold (BTG)
$20.67
0.32%
XRP (XRP)
$0.327466
19.59%
EOS (EOS)
$5.08
4.23%
Beberapa Alasan Mengapa Bitcoin Tidak Terjadi Bubble/Ledakan...

Berita, Berita Bitcoin, Edukasi

Beberapa Alasan Mengapa Bitcoin Tidak Terjadi Bubble/Ledakan Dasyat

Apakah semua bank sentral itu buruk? Menurut seorang analis ekonomi, itulah alasan mengapa Bitcoin menunjukkan beberapa hal besar sampai saat ini.

Nathan Martin dari blog Economic Edge telah memposting sebuah analisis mengapa Bitcoin bukan sebuah gelembung perubahan besar. Empat alasan yang ia tuliskan sangat masuk akal, mari kita bahas bersama empat poin tersebut;

Baca juga: Poloniex Menonaktifkan Trollbox Agar Moderator Fokus Pada Dukungan Pelanggan

Desentralisasi

Kekuatan Bitcoin terletak pada sifatnya yang terdesentralisasi. Karena Bitcoin tidak dimiliki oleh sistem perbankan terpusat lainnya (tidak seperti mata uang negara), nilainya tidak dapat dimanipulasi dengan sewenang-wenang oleh produksi mata uang (yaitu devaluasi German Mark, post-WWII). Hal ini memberikan Bitcoin sebuah stabilitas komoditas seperti emas.

Pasokan/Persediaan Barang

Pasokan Bitcoin, tidak seperti semua barang berharga lainnya seperti emas atau mata uang, sangatlah terbatas. Tidak akan pernah lebih dari 21 juta Bitcoin. Pasar Bitcoin di seluruh dunia sudah memegang setidaknya sebanyak 80 persen dari jumlah pasokan bitcoin tersebut, dan tidak akan pernah melebihi jumlah tersebut. Pertambangan/mining akan semakin sulit dengan adanya tingkat kesulitan yang terus bertambah, dan nilai dari masing-masing koin akan terus meningkat seiring waktu.

Keamanan

Desentralisasi dan enkripsi yang berarti bahwa Bitcoin itu aman. Hal ini tidak dapat dimanipulasi oleh kekuatan eksternal manapun dan tidak dapat disita, terlepas dari kunci hard copy, yang hanya dimiliki oleh entitas pengguna individual.

FRAUD

Karena semua transaksi Bitcoin dicatat di Blockchain, kesempatan untuk melakukan penipuan sangatlah kecil, dan dengan segera dapat dilacak.

Dengan keamanan yang tak tertandingi, tidak dapat dimanipulasi eksternal dan persediaan yang terbatas, tidak ada alasan mengapa Bitcoin seharusnya tidak terus menaikkan harga di masa mendatang, kata Martin. Kekhawatiran bubble didasarkan pada pasar dimana faktor-faktor ini tidak berlaku sama sekali.

Menurut Martin, bubble tentu saja merupakan sebuah kemungkinan di masa depan yang masih sangat jauh, titik penilaian untuk Bitcoin hanya diuji oleh kenaikan harganya baru-baru ini. Martin berpendapat bahwa kenaikan saat ini, dipandang sebagai pembangunan basis untuk peningkatan harga yang jauh lebih besar yang akan terjadi di masa mendatang.

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Beberapa Alasan Mengapa Bitcoin Tidak Terjadi Bubble/Ledakan Dasyat

 

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer