Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$6,347.19
1.04%
Ethereum (ETH)
$209.61
5.88%
Bitcoin Gold (BTG)
$20.56
0.13%
XRP (XRP)
$0.325931
16.75%
EOS (EOS)
$5.08
4.45%
Bank Sentral China Memberikan Peringatan Keras Terhadap Peng...

Berita

Bank Sentral China Memberikan Peringatan Keras Terhadap Penggalangan Dana Crypto Yang Illegal

Bank sentral China telah memberikan wawasan tentang skema blockchain yang curang/nakal dan bagaimana cara menghindari hal ini. Ini juga meminta investor ritel untuk melaporkan petunjuk kriminalitas penggalangan dana ke departemen terkait.

Jangan Percaya Blockchain?

Jumat, 24 Agustus, People’s Bank of China, bersama dengan empat regulator lainnya, memperingatkan tentang penggalangan dana ilegal, skema piramida, dan penipuan yang lazim di bawah spanduk atau nama ‘blockchain’ dan ‘inovasi keuangan’ di ruang aset virtual.

Regulator telah menggaris bawahi tiga faktor yang berbeda dari skema penggalangan dana curang seperti ini:

  • Sejumlah skema blockchain ilegal beroperasi di luar negeri melalui Internet menggunakan saluran komunikasi media online seperti alat obrolan/chat. Skema tersebut juga memanfaatkan metode pembayaran online untuk penggalangan dana dan sulit untuk dilacak dengan server mereka yang berlokasi di luar negeri.
  • Beberapa skema blockchain juga menggunakan teknik tipuan untuk memikat dan menarik investor ritel. Mereka mempromosikan proyek mereka melalui propaganda palsu, airdrop dan menyadap atau menyalahgunakan selebritis. Skema semacam itu sering menjanjikan pengembalian tinggi dengan risiko rendah, dan dalam periode waktu yang singkat.
  • Skema blockchain yang memainkan gimmick ‘inovasi keuangan’ yang menunjukkan “keuntungan statis” (apresiasi yang menghasilkan keuntungan) dan “pendapatan dinamis” (laba pengembangan) sebagai sarana untuk menarik investor ritel.

Pekan lalu, banyak pengumuman regulasi datang dari Cina untuk mendorong peniadaan semua kegiatan terkait crypto di negara tersebut. Perintah pemerintah pada awalnya dikeluarkan untuk menutup semua saluran komunikasi yang berkaitan dengan crypto dan kegiatan komersial yang terjadi di negara tersebut. Ini rupanya tidak cukup karena China juga melarang 124 situs web yang menyediakan layanan perdagangan crypto offshore kepada warga Tionghoa.

 

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer