Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$6,478.58
-0.69%
Ethereum (ETH)
$204.04
-1.0%
Bitcoin Gold (BTG)
$26.03
-0.41%
XRP (XRP)
$0.452858
-1.33%
EOS (EOS)
$5.41
-0.76%
Bank Mengambil Untung Sebanyak 83%, Bitcoin Ratusan Kali Leb...

Berita Bitcoin

Bank Mengambil Untung Sebanyak 83%, Bitcoin Ratusan Kali Lebih Murah Dari Wire Transfer

2017 lalu, mereka yang menyebut dirinya sebagai “ahli atau expert” di sektor keuangan banyak mengkritik Bitcoin karena terlalu mahal. Namun, bank-bank rupanya mengantongi 83 persen keuntungan di setiap wire transfer.

Menurut data resmi yang diambil dari Bank of America, untuk dana sebesar $ 302 miliar bank memasang tarif sebesar $ 30 untuk wire transfer domestik outbound dan $ 35 untuk wire transfer internasional outbound yang dikirim dalam mata uang asing.

Fedwire, sistem gross settlement funds transfer real-time yang dioperasikan oleh Bank Federal Reserve Amerika Serikat memungkinkan bank untuk mentransfer dana secara elektronik, dengan mengenakan biaya $ 0,25 per transaksi.

Jadi, Bank of America memperoleh keuntungan sebesar $ 29,75 per transaksinya, 83 persen margin laba per transaksi.

Bitcoin Lebih Murah Jika Dibandingkan Dengan Bank

Biaya transaksi Bitcoin mencapai puncaknya pada bulan November dan Desember tahun lalu, ketika permintaan cryptocurrency sedang mengalami lonjakan. Harga Bitcoin melonjak hingga $ 19.000 karena market cap crypto mengalami kenaikan pesat yang hampir menyentuh satu triliun dolar.

Pada saat itu, setiap cryptocurrency besar sedang berjuang untuk menangani masalah skalabilitas, karena sistem blockchain belum siap menangani sejuta transaksi per hari.

Selama delapan bulan terakhir, komunitas pengembang open-source dari Bitcoin, Ethereum, dan cryptocurrency lainnya telah bekerja pada aspek skalabilitas jaringan blockchain publik.

Bitcoin akhirnya dapat terintegrasi dengan SegWit dan Lightning Network sementara Ethereum sedang dalam proses menerapkan Sharding dan Plasma. Solusi skalabilitas ini diharapkan dapat memperbesar kapasitas transaksi di jaringan blockchain nantinya.

Dan berkat solusi tersebut Bitcoin mampu menangani sejumlah besar transaksi yang dibuat perharinya dan biaya transaksi Bitcoin telah menurun hingga kurang dari $ 1. Biaya median Bitcoin berada di sekitar $ 0,1 per tahunnya, yang hanya 40 persen dari biaya dasar Fedwire dan 300 kali lebih murah daripada biaya wire transfer dari bank-bank besar di AS maupun di dunia.

Dengan cryptocurrency, nilai transaksi tidak akan berubah atau mempengaruhi biaya transaksi. Sebagai contoh, seorang pengguna mengirimkan dana sebesar $ 1 juta dalam bentuk BTC dan pengguna lainnya mengirimkan dana sebesar $ 10 untuk secangkir kopi dengan BTC, dua-duanya akan dikenai biaya yang sama, selama ukuran input dan output sama atau identik.

Di sektor perbankan, untuk mengirim satu juta dolar saja, pengguna harus membayar biaya transfer hingga ribuan dolar bahkan puluhan ribu dolar agar transfer tersebut dapat berjalan.

 

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer