Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
Rp50,798,789.32
1.41%
Ethereum (ETH)
Rp1,679,403.19
1.70%
Litecoin (LTC)
Rp448,587.43
2.70%
XRP (XRP)
Rp4,506.78
0.57%
Bank Central Asia Cabang Purwodadi: Jangan Sentuh Cryptocurr...

Berita, Berita Altcoin, Berita Bitcoin

Bank Central Asia Cabang Purwodadi: Jangan Sentuh Cryptocurrency Atau Akun Anda Akan Ditutup

Bank BCA (Bank Central Asia Cabang Purwodadi, Jawa Tengah) mengancam para pelanggannya yang berurusan dengan Bitcoin dan cryptocurrency dengan melakukan penutupan akun bank mereka. Langkah ini adalah salvo terbaru dari industri perbankan di negara di mana cryptocurrency tampaknya masih dilarang.

Alibi Dengan Upgrade Data

Desember 2018 – Singkat cerita, pihak bank BCA Cabang Purwodadi melakukan telfon terhadap salah satu nasabah (pengguna cryptocurrency) untuk membicarakan perihal update data nasabah dan ganti kartu berlogo GPN. Tidak hanya itu, setelah itu BCA juga melakukan pengiriman surat seperti dibawah ini.

Sesampainya di kantor bank BCA, pengguna cryptocurrency dan salah satu pelanggan BCA tersebut yang tidak mau disebutkan namanya langsung di beri pertanyaan terkait Bitcoin dan cryptocurrency, apakah masih melakukan transaksi atau tidak.

Menurut pengguna anonim tersebut, pihak perbankan (CS Bank BCA) dengan tegas menyatakan untuk menutup akun pengguna tersebut dikarenakan adanya transaksi Cryptocurrency dan Bitcoin (transaksi dilihat lewat mutasi rekening pengguna tersebut- ada transaksi uang yang masuk dari INDODAX). Transaksi dari Indodax tersebut menjadi permasalahan karena menurut bank semua transaksi yang berkaitan dengan Bitcoin atau cryptocurrency itu dilarang. Pihak bank secara tegas tidak mau berurusan dengan transaksi seperti itu.

Menurut sumber, sudah ada 2 orang yang sudah terkena penutupan akun terkait isu tersebut.

Sampai saat ini belum ada pengumuman resmi dari pihak perbankan BCA maupun BI terkait penutupan akun yang terlibat dengan transaksi cryptocurrency. Kejadian ini masih menjadi misteri dan ancaman bagi para pengguna crypto di Indonesia, namun hal ini hanya terjadi di wilayah Purwodadi saja dan baru 2 orang yang terkena masalah ini.

Sistem perbankan di Indonesia sepertinya masih terus berupaya untuk menghambat jalan perkembangan perdagangan cryptocurrency. Di sini peran pemerintah gagal dalam memberikan sikap yang pasti pada cryptocurrency. Dan langkah yang diambil oleh BCA merupakan langkah pembunuhan secara perlahan.

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer