Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$6,752.87
0.97%
Ethereum (ETH)
$245.97
3.53%
Bitcoin Gold (BTG)
$22.70
2.59%
XRP (XRP)
$0.58
2.18%
EOS (EOS)
$6.07
2.04%
Bagaimana Menjelaskan Bitcoin

Berita Bitcoin

Bagaimana Menjelaskan Bitcoin

Jika Anda masih tidak tahu apa sih bitcoin itu …

 

Kami sedang duduk di bangku taman. Ini adalah hari besar.

Saya punya satu apel bersamaku. Saya memberikannya kepada Anda.

Anda sekarang memiliki satu apel dan saya nol.

Itu sederhana, kan?

Mari kita melihat secara dekat apa yang terjadi:

Apple saya secara fisik diberikan ke tangan Anda.

Anda tahu itu terjadi. Saya ada di sana. Anda berada di sana. Anda menyentuhnya.

Kita tidak perlu orang ketiga di sana untuk membantu kami melakukan transfer. Kita tidak perlu untuk menarik Paman Tommy (yang merupakan seorang hakim terkenal) untuk duduk bersama kami di bangku dan memastikan bahwa apel pindah dari saya untuk Anda.

Apel ini milik Anda! Saya tidak bisa memberikan apel yang lain karena saya tidak apel yang tersisa. Saya tidak bisa mengendalikannya lagi. Apel meninggalkan saya sepenuhnya. Anda memiliki kontrol penuh atas apel sekarang. Anda dapat memberikannya kepada teman anda jika anda inginkan, dan Kemudian seorang teman yang bisa memberikannya kepada temannya. Dan seterusnya.

Jadi nampak seperti sebuah pertukaran secara pribadi. Saya kira itu benar-benar sama, apakah Aku memberimu pisang, buku, atau mengatakan seperempat, atau uang dolar ….

Tapi aku terlalu terburu-buru.

Kembali ke apel!

Sekarang katakan, saya punya satu apel digital. Di sini, saya akan memberikan apel digital saya.

Ah! Sekarang semakin menarik.

Bagaimana Anda tahu bahwa apel digital milik saya, sekarang akan menjadi milik anda, dan hanya Milik anda? Pikirkan tentang hal ini sejenak.

Ini lebih rumit, kan? Bagaimana Anda tahu bahwa saya tidak mengirimkan Apple tersebut ke Paman Tommy sebagai lampiran email pertama? Atau teman Anda Joe? Atau teman saya Lisa juga?

Mungkin saya membuat beberapa salinan apel digital di komputer saya. Mungkin saya meletakkannya di internet dan satu juta orang dapat mengunduhnya.

Seperti yang Anda lihat, pertukaran digital ini merupakan sebuah masalah. Mengirim apel digital tidak terlihat seperti mengirim apel fisik.

Beberapa ilmuwan komputer cerdas benar-benar memiliki nama bagi masalah ini: itu disebut masalah pengeluaran ganda. Tapi jangan khawatir tentang hal itu. Semua yang perlu Anda ketahui adalah bahwa itu membuat mereka bingung untuk beberapa waktu dan mereka tidak pernah memecahkannya.

Sampai sekarang.

Tapi mari kita mencoba untuk memikirkan solusi pada kita sendiri.

Buku Kas 

1-QwB9iJE4R7ndvA7kHt3Tbw

Mungkin apel digital perlu dilacak dalam buku kas. Hal ini pada dasarnya sebuah buku di mana Anda melacak semua transaksi – buku akuntansi.

Buku ini, karena itu digital, kebutuhan untuk hidup di dunia sendiri dan memiliki seseorang yang bertanggung jawab atas hal itu.

Katakanlah, seperti World of Warcraft. Blizzard, orang-orang yang menciptakan game online, memiliki “buku digital” dari semua pedang api langka menyala yang ada di sistem mereka. Jadi, keren, orang seperti mereka bisa melacak apel digital kami. Mengagumkan – kita memecahkannya!

Permasalahan

Ada sedikit masalah meskipun:

1) Bagaimana jika beberapa orang lebih di Blizzard menciptakan lebih? Dia hanya bisa menambahkan beberapa apel digital untuk keseimbangan kapan saja dia mau!

2) Ini tidak persis seperti ketika kami berada di bangku taman suatu hari. Itu hanya kau dan aku saat itu. Melalui Blizzard seperti mencabut Paman Tommy (pihak ketiga) di luar pengadilan (Apakah saya menyebutkan dia seorang hakim terkenal?) Untuk semua transaksi bangku taman kami. Bagaimana saya bisa hanya menyerahkan apple digital saya kepada Anda, seperti itu, Anda tahu cara yang biasa?

Apakah ada cara terdekat untuk meniru sistem bangku taman kami, hanya anda dan saya, transaksi digital? Sepertinya agak sulit …

Solusinya

Bagaimana jika kita memberikan buku kas ini untuk semua orang? Alih-alih buku kas pada komputer Blizzard itu akan hidup di komputer Anda. Semua transaksi yang pernah terjadi, dari semua waktu, dalam apel digital akan disimpan di dalamnya.

Anda tidak dapat menipu hal itu. Saya tidak bisa mengirim apel digital kepada Anda, saya tidak perlu, karena dengan begitu tidak akan mensinkronisasikan dengan semua orang yang dalam sistem. Ini akan menjadi sistem tangguh untuk dikalahkan. Apalagi jika sampai benar-benar besar.

Ditambah hal ini tidak dikendalikan oleh satu orang, jadi saya tahu bahwa tidak ada satu yang cukup bisa memutuskan untuk memberikan dirinya apel digital lebih. Aturan sistem sudah ditentukan di awal. Kode dan aturan sumber terbuka yang Anda tahu, agak seperti perangkat lunak yang digunakan dalam ponsel Android. Atau agak seperti Wikipedia. Itu ada bagi orang-orang cerdas untuk memberikan kontribusi, memelihara, aman, memperbaiki, dan memeriksa.

Anda bisa berpartisipasi dalam jaringan ini juga dan memperbarui buku kas dan pastikan itu semua sudah diperiksa. Untuk masalah ini, Anda bisa mendapatkan sekitar 25 apel digital sebagai hadiah. Bahkan, itulah satu-satunya cara untuk membuat apel digital lebih dalam sistem.

Saya sederhanakan sedikit

… Tapi saya menjelaskan sistem yang ada. Ini disebut protokol Bitcoin. Dan apel-apel digital adalah “Bitcoins” dalam sistem. Suka!

Jadi, apakah Anda melihat apa yang terjadi? Apa buku kas umum memungkinkan?

1) Ingat ini sumber terbuka? Jumlah apel didefinisikan dalam buku kas umum di awal. Aku tahu jumlah pasti yang eksis. Dalam sistem, saya tahu mereka terbatas (langka).

2) Ketika saya melakukan pertukaran sekarang, saya tahu bahwa apel digital certifiably berpindah dari saya dan sekarang benar-benar menjadi milik Anda. Dulu saya tidak bisa mengatakan tentang hal-hal berbau digital. Ini akan diperbarui dan diverifikasi oleh buku kas umum.

3) Karena itu adalah buku kas umum, saya tidak perlu Paman Tommy (pihak ketiga) untuk memastikan saya tidak menipu, atau membuat salinan tambahan untuk diri sendiri, atau mengirim apel dua kali, atau tiga kali …

Dalam sistem, pertukaran apel digital sekarang hanya seperti pertukaran suatu fisik. Sekarang sama baiknya dengan melihat apel fisik meninggalkan tanganku dan jatuh ke saku Anda. Dan seperti pada bangku taman, pertukaran melibatkan dua orang saja. Anda dan saya, kita tidak perlu Paman Tommy di sana untuk membuatnya sah.

Dengan kata lain, itu berperilaku seperti objek fisik.

Tapi kau tahu apa yang keren? Ini masih digital. Kami sekarang dapat menangani 1.000 apel, atau 1 juta apel, atau bahkan 0,0000001 apel. Saya dapat mengirim dengan klik tombol, dan saya masih dapat menurunkan di saku digital Anda jika saya berada di Nikaragua dan Anda di semua jalan New York.

Saya bahkan bisa membuat hal yang digital lainnya naik di atas rute apel digital! Ini semua tentang digital. Mungkin saya dapat melampirkan beberapa teks di atasnya – catatan digital. Atau mungkin saya dapat melampirkan hal-hal yang lebih penting; seperti mengatakan kontrak, atau sertifikat saham, atau kartu ID …

Jadi ini sangat bagus! Bagaimana kita harus memperlakukan dengan adanya nilai rute “apel digital”? Mereka sangat berguna bukan?

Nah, banyak orang berdebat sekarang. Ada perdebatan antara ini dan itu di sekolah ekonomi. Antara politisi. Antara programmer. Jangan mendengarkan semua dari mereka meskipun beberapa orang yang pintar salah akan informasi. Ada yang mengatakan sistem ini bernilai banyak, ada yang mengatakan itu benar-benar bernilai nol. Beberapa orang benar-benar mencantumkan nominal yang sulit: $ 1.300 per apel. Ada yang bilang itu emas digital, beberapa mata uang. Beberapa orang mengatakan itu akan mengubah dunia, ada yang mengatakan itu hanya iseng-iseng.

Saya punya pendapat sendiri tentang hal itu.

Itu cerita untuk lain waktu saja. Tapi anak Anda sekarang tahu lebih banyak tentang Bitcoin.

 

 

Source : https://medium.com/@nik5ter/explain-bitcoin-like-im-five-73b4257ac833

 

 

 

 

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer