Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,475.89
1.64%
Ethereum (ETH)
$90.42
1.9%
Bitcoin Gold (BTG)
$11.92
2.57%
XRP (XRP)
$0.307079
1.66%
EOS (EOS)
$1.96
5.93%
Backlog Jaringan Bitcoin Meningkat Menjadi 77550 Transaksi

Berita, Berita Bitcoin, Edukasi

Backlog Jaringan Bitcoin Meningkat Menjadi 77550 Transaksi

Naiknya permintaan Bitcoin belakangan ini menyebabkan beberapa efek menarik. Dengan semakin banyaknya orang yang mengetahui BTC dan banyaknya transaksi pada jaringan. Sayangnya, ada backlog besar-besaran yang akhir-akhir ini muncul. Pada saat penulisan, ada lebih dari 77550 transaksi Bitcoin yang masih menunggu untuk mendapatkan konfirmasi. Jumlah itu terus meningkat dengan cepat. Dan masih belum jelas apa yang terjadi dengan kejadian ini, atau mengapa sih backlog ini terjadi.

Baca juga: Ransomware Bitcoin Terbaru Yang Mendunia “WannaCry”

Hal ini hanya akan menimbulkan kemacetan pada jaringan Bitcoin. Mengingat lonjakan popularitas Bitcoin baru-baru ini, hal itu tidak sepenuhnya mengejutkan. Namun, backlog baru ini malah semakin parah dari proporsi yang ada dengan margin yang cukup. Hal ini menyebabkan para pengguna Bitcoin dengan terpaksa membayar biaya yang lebih tinggi atau menunda transaksi penyiaran untuk saat ini.

Kejadian ini bukan pertama kalinya terjadi pada jaringan Bitcoin. Peristiwa seperti ini telah terjadi berkali-kali beberapa bulan yang lalu. Jelas ada kebutuhan untuk menskalakan solusi untuk menangani masuknya transaksi ini. Memindahkan transaksi off-chain atau meningkatkan ukuran blok adalah dua opsi yang valid untuk mengatasinya. Mencapai konsensus mengenai konsep solusi yang lebih baik tentu akan cukup sulit.

Belum ada alasan yang jelas mengenai kejadian ini. Tidak ada transaksi spam yang terdeteksi sejauh ini. Kita hanya bisa menebak ketika backlogs seperti ini terjadi. Upaya backlogs sebelumnya disebabkan oleh spam transaksi. Sebenarnya, kejadian ini merupakan waktu emas bagi para penambang Bitcoin. Biaya yang tinggi merupakan pendapatan yang lebih tinggi untuk mereka, sehingga mereka tidak akan mengeluh mengenai situasi tersebut dalam waktu dekat.

Pertanyaannya adalah kapan situasi ini akan berakhir. Biasanya tidak butuh waktu lama bagi backlog untuk mereda. Kemacetan pun juga tidak pernah sebesar ini. Untuk saat ini, dengan menggunakan biaya transaksi yang lebih tinggi akan membantu transfer konfirmasi untuk lebih cepat. Namun, itu bukan tindakan yang optimal.

Apakah ini perbuatan para miner untuk meningkatkan biaya transaksi dan meningkatkan pendapatan mereka? Saya juga masih ragu akan hal ini, tapi semua kejadian pasti ada penyebabnya dan hal itu akan terungkap suatu saat nanti.

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Backlog Jaringan Bitcoin Meningkat Menjadi 165.000 Transaksi

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer