Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$6,477.02
-0.68%
Ethereum (ETH)
$204.01
-0.93%
Bitcoin Gold (BTG)
$25.94
-0.62%
XRP (XRP)
$0.451198
-1.65%
EOS (EOS)
$5.40
-0.89%
Apakah Kita Sudah Terlambat Untuk Berinvestasi di Bitcoin?

Berita, Berita Bitcoin, Edukasi

Apakah Kita Sudah Terlambat Untuk Berinvestasi di Bitcoin?

Nilai Bitcoin kini sudah melonjak tinggi. Selama beberapa bulan terakhir, kriptocurrency telah mencapai rekor tertinggi. Pada awal Mei tahun ini saja, mata uang digital open-source ini menggelembung hampir senilai $ 3.000 koin. Mei tahun lalu, satu koin nya masih seharga $ 450. Namun tidak berarti pertumbuhan ini muncul secara tiba-tiba dan menjadi tren. Nilai Bitcoin terus meningkat sejak awal tahun 2008, hampir satu dekade yang lalu. Masih banyak yang ragu untuk berinvestasi di ruang ini.

Baca juga: Beth Menggabungkan Teknologi Ethereum Dan Deep Learning Untuk Menciptakan Generasi Baru Closed-End Fund

Kasus pencurian ratusan ribu Bitcoin dari Mt.Gox yang hingga sekarang masih terkenal dan memberikan luka dalam. Gox mungkin masih menghantui para investor. Atau mungkin volatilitas Bitcoin, karena pasar Bitcoin 26 kali lebih mudah menguap daripada S&P 500, dan kurangnya pengawasan pemerintah memunculkan beberapa spekulan yang meramalkan kehancuran kriptocurrency. Hal ini bisa dimengerti karena Bitcoin tidak didukung oleh logam mulia, negara atau bank. Bitcoin hanya diatur oleh sentimen saja. Meski ada keunggulan jelas bagi pasar yang terstruktur seperti ini, ada sebuah kendala dan bahaya serius yang tak bisa diabaikan. Jika Anda ingin mengabaikan risiko tersebut, investasi pada Bitcoin mungkin merupakan usaha yang sangat berharga.

Haruskan Kita Berinvestasi di Bitcoin?

  1. Bitcoin mengalami pertumbuhan yang luar biasa.

Mata uang ini mengalami banyak tantangan dari kasus pencurian yang senilai jutaan dolar dalam bentuk Bitcoin pada tahun 2014 silam, namun kini telah pulih dengan cukup cepat dalam rentang dua tahun saja dan sekarang mengalami pertumbuhan yang cepat pula.

Pada bulan Februari tahun ini, nilai Bitcoin melampaui satu troy ounce nilai emas. Sekarang melebihi nilai emas dengan margin yang lebih besar lagi. Jika Anda kebetulan menginvestasikan sedikit uang Anda di Bitcoin pada tahun 2011, Anda pasti sudah melihat keuntungan besar saat ini. Misalnya, investasi sebanyak $ 100 yang akan Anda dapatkan sekarang sekitar $ 600.000 jika Anda menjual Bitcoin Anda bulan Mei ini. Bayangkan cuks….

  1. Pasokan yang tetap.

21 juta Bitcoin yang akan tersedia di seluruh dunia dan ketetapan itu sudah di umumkan saat rilis dulu. Tidak lebih dan tidak kurang. Kemungkinan setiap Bitcoin akan habis untuk dibuat sekitar tahun 2140 dan yang sudah dibuat sebanyak 21 juta tersebut yang akan beredar. Setiap tahunnya, jumlah Bitcoin yang dijadwalkan untuk diedarkan dibagi menjadi dua, memperlambat proses pembuatan secara signifikan. Mata uang dengan pasokan tetap ini nampaknya berlawanan dengan beberapa hal. Misal mata uang Fiat yang dicetak sesuai kebutuhan. Lebih banyak uang yang beredar seiring berjalannya waktu, itupun jika kalian sadar dan mengetahui hal tersebut.

Menurut situs Bitcoin, “Bitcoin dimaksudkan untuk berkembang di tahun-tahun awal dan menjadi stabil di tahun-tahun berikutnya … Dengan basis moneter yang stabil dan ekonomi yang stabil, nilai mata uang harus tetap sama.”

  1. Bitcoin mungkin cara yang efektif untuk melakukan diversifikasi.

Investor mulai menganggap Bitcoin sebagai lahan yang hijau. Pada tahun 2011, Bitcoin hampir tidak dikenal. Namun sekarang, Bitcoin secara teratur muncul dalam berita utama disetiap negara. Kios yang ditujukan untuk perdagangan Bitcoin kini mulai bermunculan. Fungsi dan manfaat mata uang digital kini juga mulai berkembang dari melakukan sebuah transaksi sehari-hari, perdagangan internasional dan sebagai kendaraan investasi.

Tingkat adopsi/penggunaan telah meningkat pesat serta kepercayaan terhadap mata uang digital telah menguat dengan mantap. Cryptocurrency sendiri mulai berkembang luas seiring munculnya beberapa alternatif alternative yang bersaing dalam ruang teknologi Bitcoin (tepatnya bernama altcoin) yang kini mulai membanjiri pasar. JP Morgan Chase, Intel dan Microsoft pun bahkan datang bersama untuk mendukung mata uang Blockchain Ethereum.

“Semakin banyak investor yang mencari peluang unik di luar arena permainan tradisional,” tulis Bobby Cho pada The Street.

“Bitcoin muncul sebagai kelas aset alternatif yang layak bagi investor institusi dan ritel. Bitcoin memiliki potensi investasi dalam jumlah besar dan tidak seperti produk investasi lain di dunia saat ini.”

Jika Anda serius untuk menambahkan Bitcoin ke dalam portofolio Anda, Anda harus berhati-hati. Saat berinvestasi dalam kriptocurrency, Anda harus siap mengambil risiko dan bersiap untuk kehilangan sebagian dana yang Anda Investasikan. Terus lakukan penelitian dengan cara Anda sendiri, pantau pertumbuhan Bitcoin dan kelemahan nilai mata uangnya. Investasi dengan cara yang cerdik yang didukung oleh penelitian secara menyeluruh sebenarnya bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Ok… Selamat menyelam di ruang Kripto.

Sumber Referensi

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Apakah Kita Sudah Terlambat Untuk Berinvestasi di Bitcoin?

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer