Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$5,618.84
-1.6%
Ethereum (ETH)
$180.08
-0.54%
Bitcoin Gold (BTG)
$26.30
1.29%
XRP (XRP)
$0.481801
2.89%
EOS (EOS)
$4.68
1.24%
Apa itu Atomic Swap?

Berita, Berita Altcoin, Berita Bitcoin

Apa itu Atomic Swap?

Artikel ini ditulis oleh encryptoholder, Cryptoeducator dan Community Organizer untuk massa.

Ada sebuah kemajuan besar bagi Ekosistem SegWit, koin yang melakukan SegWit. Mengapa? Karena dalam kurun waktu empat hari, Litecoin berhasil melakukan sebuah pertukaran melalui Atomic Swaps dengan Decred, Vertcoin dan Bitcoin.

Pada 19 September 2017, Charlie Lee pencipta Litecoin dan Alexlyp dari Decred Project, berhasil menukarkan 1.337 LTC ke 2.4066 DCR. Meskipun pada awalnya mereka mengalami kesulitan, mereka dapat menyelesaikan pertukaran tersebut melalui transaksi on-chain melalui dompet repo Decred. Jaringan Lightning tidak dimanfaatkan karena masih perlu pengembangan lebih jauh sebelum Atomic Swaps dapat diimplementasikan.

Pada 20 September 2017, Charlie bekerja sama dengan James Love Joy, pengembang Vertcoin, untuk melakukan Swap Atom juga. James berhasil memasukkan kode Decred ke VTC dan kali ini pada percobaan keduanya mereka berhasil menukarkan 1 LTC ke 55 VTC tanpa gangguan. Ini juga merupakan transaksi on-chain dan tidak memanfaatkan Jaringan Lightning.

Dan, pada 22 September 2017, Charlie bekerja sama dengan John S untuk melakukan Atomic Swaps antara LTC dan BTC. Mereka kembali berhasil menukar 10 LTC untuk 0.1137 BTC.

Apa itu Atomic Swap

Atomic Swap merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan pertukaran secara peer-to-peer dari dua koin yang berbeda. Atau sering disebut dengan transaksi “cross-chain” dan transaksi ini terjadi melalui penggunaan Hash-Time Lock Contracts (HTLC) pada dompet multisig.

Untuk bisa melakukan Atomic swap, Anda memerlukan dua alamat multisig 2-2: satu untuk LTC dan satu lagi untuk, katakanlah, BTC. Pertama-tama, kedua belah pihak mengirimkan koin masing-masing ke alamat multisig yang sesuai dan segera menguncinya dengan HTLC untuk jumlah waktu “x”. Dalam skenario ini, katakanlah satu jam. HTLC juga menetapkan bahwa koin akan dikembalikan ke pemiliknya jika satu jam sudah berlalu. HTLC akan bertindak sebagai asuransi bagi pemiliknya.

Sekarang satu pihak membuka saluran/channel pembayaran 1 LTC sementara yang lain menawarkan 0.1137 BTC. Jika kedua belah pihak puas, mereka menandatangani saluran/channel masing-masing untuk menutupnya. Anda sekarang telah menyelesaikan Atomic Swap Anda.

Pentingnya teknologi ini tampaknya sangat menarik karena Atomic swap merupakan salah satu prinsip inti dari teknologi Blockchain: desentralisasi. Setelah diimplementasikan, Atomic Swap ini nantinya akan memungkinkan para pengguna untuk menukar dua koin yang berbeda tanpa pihak ketiga seperti di bursa pertukaran.

Yang jelas, pertukaran yang dilakukan Charlie dengan DCR, VTC, dan BTC ini belum memanfaatkan SegWit. Namun, teknologi ini akan sangat diperlukan karena sistem Swap Atom ini akan berfungsi penuh dan digadang-gadang sangat memerlukan Jaringan Petir/lightning nantinya.

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer