Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$6,358.59
1.18%
Ethereum (ETH)
$211.52
7.17%
Bitcoin Gold (BTG)
$20.80
2.49%
XRP (XRP)
$0.328691
20.12%
EOS (EOS)
$5.12
5.41%
Anda Masih Ingat Dengan Josh Garza CEO GAW Miner?

Berita, Berita Pertambangan/Mining, Peraturan Dan Regulasi

Anda Masih Ingat Dengan Josh Garza CEO GAW Miner?

Komisi Sekuritas dan Bursa Efek AS (SEC) telah memperoleh putusan akhir terhadap CEO GAW Miners dan pelaku penipuan “Josh Garza”, yang menjalankan skema Ponzi dengan mencuri uang sebanyak jutaan dolar dari para pelanggan GAW Miner.

Dalam putusannya tersebut, Garza akan bertanggung jawab atas dana yang terlah iya curi sebesar $ 9,182.000, disertai dengan prejudgment interest/bunga  sebesar $ 742.774. Garza harus membayar bunga tersebut dalam waktu enam bulan agar terhindar dari penghinaan sipil. Namun, hukuman disgorgement akan dianggap puas dengan perintah restitusi yang akan masuk menyusul berakhirnya sidang kriminal yang diperoleh Garza.

Putusan hakim yang dilakukan pada tanggal 4 Oktober kemarin telah membawa kejelasan atas skandal GAW Miners yang terkenal itu. Seperti yang saya ingat dulu, bahwa GAW merupakan salah satu produsen hardware pertambangan kriptocurrency yang paling besar. Perusahaan tersebut juga menjual cloud mining virtual yang dikenal sebagai “Hashlets” yang konon katanya didukung oleh mesin yang disediakan oleh GAW. Namun faktanya, GAW menjual lebih banyak hashpower yang sebenarnya hashpower tersebut sudah tidak lagi ada atau ready untuk dijual, dan GAW menggunakan pendapatan dari pelanggan baru untuk membayar “dividen” ke para pelanggan sebelumnya – atau bisa kita sebut dengan skema Ponzi klasik.

Dan akhirnya, GAW tidak lagi sanggup mempertahankan sistem buruknya tersebut lalu ambruk, dan pada tahun 2015 SEC menetapkan Garza dan perusahaannya tersebut dengan menerbitkan sekuritas yang tanpa izin dan menjalankan skema Ponzi. Meskipun Garza awalnya menolak klaim tersebut, dia lalu mengaku bersalah melakukan kasus penipuan dan dijadwalkan untuk dijatuhi hukuman pada 5 Januari 2018 nanti. Atas tuduhan tersebut, dia akan dijatuhi hukuman maksimal 20 tahun, dan dia juga harus membayar uang restitusi sebanyak $ 9 juta.

Didalam keputusan pengadilan tersebut menyatakan bahwa sebagian atau seluruh dana ini nantinya akan didistribusikan kepada para korban dari Skema Ponzi yang dibuat oleh Garza.

 

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer