Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$6,473.53
-0.73%
Ethereum (ETH)
$204.29
-0.78%
Bitcoin Gold (BTG)
$26.01
-0.36%
XRP (XRP)
$0.452557
-1.36%
EOS (EOS)
$5.41
-0.7%
30% dari Pasokan Bitcoin Hilang atau Belum Ditambang

Berita Bitcoin

30% dari Pasokan Bitcoin Hilang atau Belum Ditambang

Sebuah laporan terbaru yang dibuat oleh penelitian cryptocurrency Diar telah mengungkapkan beberapa statistik menarik tentang dompet Bitcoin dan sifat dari pemiliknya. Temuan ini menunjukkan bahwa mayoritas Bitcoin masih disimpan di sejumlah kecil dompet Bitcoin dan banyak dari mereka yang tidak memiliki transaksi keluar meskipun pasar bearish 2018 terjadi.

Laporan ini ditampilkan dalam terbitan Diar edisi September dan dipublikasikan kemarin. Ia mengklaim bahwa lebih dari 55% dari Bitcoin saat ini masih disimpan dalam dompet yang berisi lebih dari 200 koin. Total nilai rata-rata lebih dari $ 1.26 juta pada saat penulisan.

Yang cukup menariknya lagi, 1/3 dari dompet yang menyimpan 200 atau lebih Bitcoin ini hampir tidak pernah melakukan transaksi keluar. Hal ini menunjukkan bahwa investor mungkin telah kehilangan akses ke dompet mereka atau mereka percaya Bitcoin mampu mencapai harga yang lebih tinggi kembali, walaupun sekarang dalam masa bearish.

Dompet ini mungkin bukan milik seorang individu saja namun bisa dari bursa cryptocurrrency. Hal ini sangat wajar karena banyak dari pengguna maupun investor masih banyak yang sembrono dan melanggar salah satu aturan utama dalam menyimpan mata uang digital – “jangan menyimpan cryptocurrency di dompet bursa”. Sejumlah besar koin yang disimpan dalam dompet bursa memberikan honeypot yang luar biasa kepada para peretas untuk mencoba masuk dan menjarahnya. Meskipun bahaya, banyak yang bertaruh untuk mengorbankan keamanan aset digital mereka.

Hal ini diyakini bahwa 3,8% dari total pasokan Bitcoin berada di dompet yang dikelola oleh platform bursa besar seperti Coinbase. Angka ini mewakili $ 4,28 miliar.

Laporan tersebut juga mendukung sebuah makalah penelitian sebelumnya yang diterbitkan oleh Chainalysis. Kedua studi memperkirakan bahwa ada peluang kuat bahwa sebanyak 30% dari semua Bitcoin telah hilang atau belum ditambang.

  • 13% dari Bitcoin disimpan dalam akun transaksional;
  • 15% dari Bitcoin disimpan di dompet pertukaran;
  • 25% dari Bitcoin disimpan sebagai investasi jangka panjang;
  • 17% dari Bitcoin dipegang oleh spekulan jangka pendek;
  • 30% dari pasokan Bitcoin hilang atau belum ditambang.

Gambar

 

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer